Camping Ground Tikus Emas

Pulau Ketawai, Liburan ke Bangka

30, November 2017 - 09:45 AM
Reporter : Bang Kini

 

Pulau kecil kebanggaan masyarakat Bangka Tengah, di pulau ini akan di bangun resort, pulau ketawai dapat ditempuh melalui desa Kurau dengan jarak tempuh 30 menit menggunakan perahu dari dermaga desa kurau, di pulau ini juga terdapat terumbu karang yang dapat menambah wisata yang berbeda bagi pecinta diving.

Pulau Ketawai berjarak sekitar 18 km dari Kota Pangkalpinang. Untuk mencapai pulau ini, kita dapat melewati penyeberangan dari Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam atau dari Desa Kurau Kabupaten Bangka Tengah.

Namun, penyeberangan melalui Desa Kurau lebih umum digunakan untuk menuju Pulau Ketawai.

Sebelumnya, Pulau Ketawai didiami oleh beberapa penduduk setempat yang bermatapencaharian sebagai nelayan. Meski demikian, saat ini penduduk yang mendiami Pulau Ketawai telah dievakuasi untuk pembangunan pulau sebagai destinasi pariwisata.

Pulau Ketawai telah lama digunakan sebagai tempat persinggahan para nelayan di sekitar Pulau Bangka untuk sekedar melepas lelah. Kini, pulau tersebut di fokuskan sebagai daerah tujuan wisata di Bangka Tengah, dengan keindahan jajaran pohon kelapa di sepanjang garis pantai dan hamparan pasir putih yang menawan.

Pulau Ketawai akan menjadi andalan wisata bahari di Bangka Tengah. Selain keindahan alam pantai yang cantik, suasana alam bawah laut di sekitar Pulau Ketawai juga menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa.

Ekosistem pesisir di Pulau Ketawai terdiri atas ekosistem padang lamun (seagrass bed) dan ekosistem terumbu karang (coral reef).

Ekosistem padang lamun di Pulau Ketawai didominasi oleh lamun jenis Thalassia hemprichii dan jenis Halodule uninevis. Selain itu juga ditemukan pula beberapa jenis makro alga.

Selain keindahan alam pantai yang cantik, suasana alam bawah laut di sekitar Pulau Ketawai juga menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa.

Ekosistem terumbu karang di perairan Pulau Ketawai cukup luas, dengan tutupan makro alga yang berbentuk khas. Bagi pencinta olah raga selam, perairan Pulau Ketawai sangat cocok untuk dijelajahi.

 

Namun secara umum, jenis hardcoral yang banyak ditemukan adalah jenis karang Acropora branching dan acropora tumbulate.

Selain itu, ditemukan juga jenis makroalga Halimeda sp. yang berwarga putih kehijauan dengan bentuk yang khas.

Jenis ikan karang yang ditemui cukup beragam. Mulai dari beraneka jenis amphiprion, parrotfish, Lutjanus sp., kerapu, ekor kuning, damselfishes dan banyak lagi jenis ikan lainnya yang jumlahnya cukup banyak dan beragam.

Disebelah timur dijumpai ekosistem padang lamun (seagrass) dan ditumbuhi juga oleh beberapa jenis makroalga dan rumput laut (seaweed).

Ini mengindikasikan bahwa pulau ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah budidaya rumput laut di masa yang akan datang.

Wisata bawah laut Pulau Ketawai akan tambah mempesona karena beberapa meter dari pulau terdapat dua buah kapal karam yang kini telah ditumbuhi karang dan menjadi rumah bagi ikan-ikan koral yang eksotis.

Selain memiliki keindahan alam bawah lautnya, pulau ketawai juga memliki pantai berpasir putih yang indah.

Saat ini, jika anda berkunjung ke Pulau Ketawai belum tersedianya tempat bermalam ataupun pengelola yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari, Untuk itu anda harus bersiap-siap menbawanya dari rumah.

Pulau ketawai masih di kembangkan untuk menjadi daerah tujuan wisata yang berwawasan lingkungan sehingga dapat menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia

Berita Terkait
Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka ( B9 Billiard &,

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang