Camping Ground Tikus Emas

Tanggulangi Bencana, BPBD Babel Lakukan Pembekalan

07, March 2018 - 02:00 PM
Reporter : adithan
Mikron Antariksa, selaku Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, saat Kegiatan pembekalan yang diselenggarakan di Cordela Hotel, Selasa (07/03/2018)
Mikron Antariksa, selaku Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, saat Kegiatan pembekalan yang diselenggarakan di Cordela Hotel, Selasa (07/03/2018)

Bangkaterkini.com, Pangkalpinang --- 5 (Lima) kebijakan yang di tuangkan dalam kegiatan pembekalan penanggulangan bencana, terhadap aparatur daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Mikron Antariksa, selaku Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, disela-sela Kegiatan pembekalan yang diselenggarakan di Cordela Hotel, Selasa (07/03/2018)

" 5 kebijakan yang di tuangkan dalam kegiatan ini, diantaranya menjalin komunikasi, pemberdayaan masyarakat, penyediaan logistik, memilih SDM yang mempuni serta pemulihan pasca bencana " Ujar Mantan Kepala BPDB Kota Pangkalpinang tersebut.

" Acara ini juga melibatkan aparatur daerah baik di tingkat kecamatan, kelurahan serta masyarakat langsung " Tambahnya.

Ia juga mengatakan pada kebijakan komunikasi, harus ada koordinasi yang efektif dengan seluruh lembaga dalam menanggulangi bencana, " Dalam pemberdayaan masyarakat sendiri dilakukan agar masyarakat dapat mengerti dan akrab terhadap bencana " Ujarnya.

Lanjutnya mengatakan dalam penyediaan logistik dan peralatan haruslah mumpuni, dimana pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak BNPB dalam penyediaaan logistik tersebut.

" Terlebih dalam hal ini sangat lah di perlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dan potensial dalam menghadapi bencana serta tanggap dalam pemulihan pasca bencana terhadap korban, infastruktur dan perekonomian bencana " Jelasnya.

" Kami akan terus melakukan koordinasi, dan akan membuat tim penanggulangan bencana yang melibatkan unsur dari OPD, Organisasi, TNI, POLRI, tim pemuda tangguh serta tim relawan penanggulangan bencana," Tutupnya. (Yun)