Camping Ground Tikus Emas

Lapak Baca Buku Gratis Kosada Babar, Semakin Seru Dengan Aksi Baca Dongeng.

10, April 2018 - 06:45 PM
Reporter : adithan
Komunitas Aksara Muda (Kosada) Bangka Barat (Babar) kembali menggelar Lapak Baca Buku Gratis (LBBG) dan Aksi Baca Dongeng (Abad) di Terminal Kelapa, Sabtu kemarin (07/04/2018).
Komunitas Aksara Muda (Kosada) Bangka Barat (Babar) kembali menggelar Lapak Baca Buku Gratis (LBBG) dan Aksi Baca Dongeng (Abad) di Terminal Kelapa, Sabtu kemarin (07/04/2018).

Bangkaterkini.com, Kelapa --- Komunitas Aksara Muda (Kosada) Bangka Barat (Babar) kembali menggelar Lapak Baca Buku Gratis (LBBG) dan Aksi Baca Dongeng (Abad) di Terminal Kelapa, Sabtu kemarin (07/04/2018).

Kegiatan ini kembali menarik antusias anak-anak dan remaja, khususnya anak-anak yang baru pulang dari les sekolah.

Randa, salah satu peserta 'abad' mengungkapkan kebahagiaannya akan hadirnya kegiatan tersebut.

" Seru bang acara e, dak langok. Kami diberik maen care membace kek becerita (Seru kak acaranya, tidak membosankan. Kami diberikan permainan tentang cara membaca dan mendengarkan dongeng)," Ungkap bocah ini dengan wajah polosnya.

"Kami diberik hadiah sudeh maen bace. Semoga minggu adep ade agik macem ne (Kami diberi hadiah setelah selesai permainan membaca. Semoga minggu depan masih ada kegiatan ini)," Katanya lagi karena senangnya mendapatkan hadiah.

Selain itu, Fazul Jhan Akhbar, Pemuda Penggiat Literasi Sekolah memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap keberlangsungan Kosada Babar di lingkungan masyarakat.

" Dengan adanya LBBG dari Kosada, anak-anak ada kegiatan karena seiring jamannya gawai memberi manfaat yang lebih baik untuk mereka. Waktu luang mereka bermanfaat karena dapat belajar membaca, mendengarkan dongeng dan juga belajar tulis serta hitung," Ucap siswa SMAN 1 Kelapa ini.

"Jangan sampai Kosada bubar, jalan terus kegiatannya dan juga lebih dikembangkan. Nah, untuk anak-anak jangan bosan untuk datang karena ilmu sejati tidak datang dari teknologi tapi dari buku," Tambahnya.

Hal senada juga dikatakan Salsabila Imaroh selaku penulis, Ia mengungkapkan, untuk menggiat literasi bagi seluruh masyarakat Kelapa bisa dilakukan dengan kegiatan LBBG.

" Dengan adanya LBBG merupakan hal yang bagus untuk memulai masyarakat lebih mengenal dunia baca. Warga Bangka secara umum juga perlu mengenal dunia literasi, karena dengan membaca juga bisa di dapatkan berbagai ilmu. LBBG ini sedikit demi sedikit membantu anak-anak Kelapa untuk mengenal dunia baca lebih baik," Ungkapnya.

" Kedepannya untuk mengundang anak-anak di wilayah atau desa yang lainnya untuk hadir ke Terminal Kelapa. Bisa juga dilakukan sosialisasi ke berbagai daerah bahwa ada LBBG agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya," Tutupnya yang juga merupakan anggota Kosada Babel ini. (Nico/Hun)