Camping Ground Tikus Emas

UMKM Goes To Online, Dukung Program Smart City Bangka Belitung

03, April 2018 - 03:15 PM
Reporter : Viki Saputra
Foto Dok Pribadi (Reza 27/03/2018), program Sosialisasi Aplikasi Mobile Platform pemasaran produk UMKM Tahun 2018 yang diselenggarakan di Belitung, Hotel Green Tropical Village.
Foto Dok Pribadi (Reza 27/03/2018), program Sosialisasi Aplikasi Mobile Platform pemasaran produk UMKM Tahun 2018 yang diselenggarakan di Belitung, Hotel Green Tropical Village.

Bangkaterkini.com, Pada tanggal 27 Maret 2018, Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwakili Reza Saputra (Bidang Promosi Humas dan Publikasi) yang sekaligus pimpinan PT. Laberkah Serumpun Sebalai, berpartisipasi kembali pada kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung dalam program Sosialisasi Aplikasi Mobile Platform pemasaran produk UMKM Tahun 2018 yang diselenggarakan di Belitung, Hotel Green Tropical Village.

Sosialisasi dibuka oleh Ibu Hastuti,S.H (Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil) yang diikuti oleh 100 peserta dari Belitung. Pada sambutan pembukaan, Ibu Hastuti menyampaikan terima kasihnya  kepada  peserta yang telah aktif  berpartisipasi pada sosialisasi ini. Beliau menekankan pentingnya sektor pemasaran digital sebagai salah satu penunjang promosi produk UMKM karena melihat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Belitung sudah sangat tinggi.

Upaya kegiatan Sosialisasi Aplikasi Mobile Platform pemasaran produk UMKM mendapatkan respon yang bagus. Menurut data yang kami terima sejumlah 200 UMKM telah mendaftar membuat website informasi usaha termasuk data dari pangkalpinang dan sekitarnya, ujar Reza.

SALING BERSINERGI

Dalam pembiayaan Fitur dan maintenance website UMKM selama 1 Tahun,  Reza Saputra menggandeng perusahaan dari Amerika (Brandpier.inc) dalam pembiayaan langganan website (Paket Elite) dengan subsidi bantuan senilai Rp.438,000,000 untuk jumlah Quota 200 UMKM @Rp.2,190,000 per website UMKM. Dengan harapan UMKM Babel bisa focus mendigitalisasi produknya.

Dan untuk biaya nama domain website (.COM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah menganggarkan pembelian nama domain sebanyak 200 nama domain untuk 200 UMKM. Sehingga bisa saling bersinergi dalam membantu UMKM Bangka Belitung menuju SMART CITY, SMART BUSINESS, ujar Reza.

UMKM GOES ONLINE

Reza meyakini melalui Sosialisasi Aplikasi Mobile Platform Dinas Koperasi dan UMKM dibawah pimpinan ibu Hj. Elfiyena mampu menciptakan system promosi yang akurat dan tepat sasaran dalam penjualan produk ke tingkat Nasional. Ditambahkannya bahwa program Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tentang aplikasi BANTUKU yang menggagas program Lalaper, Lamuter, Lapinter, Laseger, Latuker, Labener, Laanter akan segera dijalankan pertengahan tahun 2018 ini dan sangat tepat disandingkan dengan Dinas Komunikasi Informatika dan kegiatan sosialisasi dari Dinas Koperasi dan UKM.

Untuk itu Reza Saputra selaku Bidang Promosi Humas dan Publikasi Dekranasda, akan menghadiri Konferensi Internasional di India Juli 2018 ini dalam menguatkan kerja sama dibidang digital dan promosi UMKM.

Reza berharap masyarakat Babel khususnya UMKM untuk bersabar menunggu jalannya program ini, dikarenakan masih dalam tahap sosialisasi. Insyaallah pertengah tahun 2018 ini sudah kita launchingkan bersama, ujar Reza.

Terpisah, Ketua Dekranasda Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi mengajak semua UMKM Bangka Belitung untuk turut berpartisipasi dan bersinergi dalam program Pemerintah menuju SMART CITY, SMART BUSINESS.