Camping Ground Tikus Emas

BPBD Babel Terus Bekali Relawan Penanggulangan Bencana

07, July 2018 - 03:42 PM
Reporter : adithan
Foto : Ist
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung menggelar simulasi penanggulangan bencana untuk relawan di Kabupaten Bangka Barat.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung menggelar simulasi penanggulangan bencana untuk relawan di Kabupaten Bangka Barat.
Foto : Ist

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung menggelar simulasi penanggulangan bencana, untuk relawan di Kabupaten Bangka Barat.

Acara yang diselenggarakan satu hari bekerjasama dengan Satpol PP dan PB Bangka Barat, dan buka oleh Wakil Bupati Bangka Barat Markus SH serta dihadiri Kepala OPD di Bangka Barat.

Kegiatan tersebut bertema 'Strategi peningkatan peranan masyarakat dan dunia usaha dalam penanggulangan bencana melalui tim tantangan' yang bertempat di Hotel Pasadena Mentok, Kamis (05/07/2018) kemarin.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bangka Barat Markus SH mengapresiasi dan menyambut baik acara tersebut mengingat rawan nya kebencanaan di wilayah Bangka Barat, dan Pemerintah Kabupaten akan mendukung penuh kebijakan PB yg telah direncanakan oleh BPBD provinsi Babel.

Dirinya juga menyaksikan langsung jalannya simulasi oleh tim Tantangan Bangka Barat, dengan Peserta berjumlah 120 orang relawan yang tergabung dalam Tim Tantangan BPBD Prov Babel yan terdiri dari tiga unsur yakni Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta.

Lanjut Kalak BPBD Babel, Mikron Antariksa menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang Tangkas, Tanggap dan Tangguh dalam penanggulangan bencana di Babel.

" Mensosialisaikan SOP dalam PB sehingga para relawan tidak gagap saat pelaksanaan PB di wilayah mereka, dengan adanya simulasi relawan lebih memahami," ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini akan terus dilaksanakan di beberapa Kabupaten lagi dan rencana akhir Juli ini di Kab. bangka Selatan," Jumlah relawan pun nanti nya akan terus bertambah, saat ini yg terdaftar sudah mencapai 1.736 orang" jelasnya.

Dirinya pun berharap tim yg telah di latih agar terus meningkatkan responsifnya terhadap bencana," Juga terus tingkatkan kepedulian serta melaporkan sekecil apapun kejadian bencana di wilayh mereka masing-masing" harapnya. (Yun)