Camping Ground Tikus Emas

Pelantikan PDGI, Babel Banyak PR Terkait Kesehatan Gigi dan Mulut

29, July 2018 - 12:06 PM
Reporter : adithan
Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah (Pengwil) Bangka Belitung, Drg. Dyah Savitri.
Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah (Pengwil) Bangka Belitung, Drg. Dyah Savitri.

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Tugas yang berat setelah pelantikan dan butuh kerja sama antara para dokter gigi dengan Pemerintah, Instansi terkait serta masyarakat. Pasalnya untuk kesehatan gigi dan mulut di Bangka Belitung masih jauh dari harapan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah (Pengwil) Bangka Belitung, Drg. Dyah Savitri usai pelantikan Pengurus Wilayah Babel, Pengurus PDGI Cabang Bangka, Pengurus PDGI Cabang Belitung dan Pengurus PDGI Cabang Pangkalpinang, di Hotel Soll Marina Bangka, Sabtu (28/07/2018).

Diakuinya, alasan membentuk pengurus wilayah untuk Bangka Belitung, karena dulu tergabung dengan Sumatera Bagian Selatan. Beriring nya waktu dan jarak ternyata Belitung susah untuk mengikuti kegiatan, maka kita bentuk lah cabang untuk Bangka Belitung.

" Tugas berat kita setelah pelantikan ini yakni permasalahan mulut dan gigi di Bangka Belitung masih jauh dari yang diharapkan," ungkapnya.

" Makanya tugas kita membina pengurus-pengurus cabang ini agar bisa membentuk organisasi-organisasi dari tingkat bawah, dan aktif untuk melakukan seperti bakti sosial, seminar ataupun penyuluhan terkait kesehatan gigi di wilayah masing-masing," tambahnya.

Tantangan dari dokter gigi untuk Babel adalah lingkungannya, pasalnya para dokter gigi dan Pemerintah sudah sering melaksanakan kegiatan seminar, penyuluhan bahkan sikat gigi masal untuk anak-anak. Ditambah lagi rasio dokter gigi di Babel kurang sekali, dan penyebaran dokter gigi juga tidak merata.

" Jadi sasaran selanjutnya adalah Keluarga, karena anak-anak tidak akan melakukan tanpa ada pengaruh atau pengawasan dari orangtuanya, dengan memberikan informasi cara sikat gigi, yang baik dan benar," terangnya.

" Kita harus kerja sama antara Pemerintah dan instansi-instansi yang terkait, paling tidak ada kader-kader.
Karena tidak mungkin mengharapkan  dokter gigi yang terjun langsung, tapi Kader ini lah yang akan membantu kita mensosialisasikan ke masyarakat sekitar tentang kesehatan gigi," tegasnya.