Camping Ground Tikus Emas

Pelantikan Pengwil dan Cabang PDGI Babel

28, July 2018 - 02:23 PM
Reporter : adithan
Pelantikan Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah dan Cabang di Bangka Belitung, Sabtu (28/07/2018).
Pelantikan Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah dan Cabang di Bangka Belitung, Sabtu (28/07/2018).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bangka Belitung (Babel) gelar pelantikan Pengurus Wilayah Babel, Pengurus PDGI Cabang Bangka, Pengurus PDGI Cabang Belitung dan Pengurus PDGI Cabang Pangkalpinang, di Hotel Soll Marina Bangka, Sabtu (28/07/2018).

PDGI merupakan merupakan satu-satunya organisasi profesi yang menghimpun dokter gigi di Indonesia yang secara profesional dan berwibawa, serta menjalin keharmonisan kerjasama dengan pemangku kepentingan dalam upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Mulyono Susanto mengungkapkan kerusakan gigi merupakan masalah kesehatan yang paling umum terjadi di Indonesia dan tidak ada batasan usia terjadinya masalah kesehatan gigi. 

Berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2007 prevalensi nasional maslah gigi dan mulut sebesar 23,5 persen.  Sedangkan pada Prevalensi Nasional karies aktif adalah 43,4 persen.

" Yang mengejutkan, Babel termasuk dalam 14 provinsi yang memiliki prevalensi karies aktif di atas prevalensi nasional yakni 50,8 persen," ungkapnya

" Tentu ini bukan prestasi membanggakan mengingat hal ini merupakan suatu dampak buruk," tambahnya.

Lanjutnya, Berdasarkan riset kesehatan dasar pada tahun 2003 sekitar 76,6 persen penduduk yang menyikat gigi saat mandi pagi dan sore, sedangkan menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur hanya sekitar 2,3 persen.

" Artinya, semua tidak hanya dilakukan oleh pihak dokter gigi semata tapi juga harus ada kerjasama yang baik antara masyarakat, pihak sekolah maupun orang tua," himbaunya.