Camping Ground Tikus Emas

Kecamatan Girimaya Juara Cipta Menu Pangan B2SA, Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang

23, October 2018 - 04:37 PM
Reporter : adithan
Sebagai contoh, pemenang lomba kita dari Kecamatan Girimaya yang mengunakan bahan 'Jelai' yang mana selama ini di ketetahui jelai hanya sebagai semak - semak atau belukar itu ternyata hal itu bisa di gunakan sebagai penganti beras
Sebagai contoh, pemenang lomba kita dari Kecamatan Girimaya yang mengunakan bahan 'Jelai' yang mana selama ini di ketetahui jelai hanya sebagai semak - semak atau belukar itu ternyata hal itu bisa di gunakan sebagai penganti beras

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, menggelar lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal di Kota Pangkalpinang, di Hotel Puri 56 Jalan A. Yani Kota Pangkalpinang, Selasa (23/10/2018).

Kasi konsumsi pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Yiyi Zilaida Dwitri mengatakan bahwa lomba tersebut di ikuti oleh 7 peserta yang mewakili 7 kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang.

" Dalam perlombaan tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki pola konsumsi pangan serta untuk mengedukasikan kepada masyarakat bahwa karbohidrat bukan hanya terdapat pada bahan pokok beras dan terigu, namun juga bisa dari umbi-umbian, serta tanaman sereal lainnya," ungkapnya.

Lanjutnya, Lomba ini di khususkan bagi para ibu-ibu, pasalnya mereka adalah orang yang paling berperan dalam menyusun, memahami menu keluarga yang beragam bergizi berimbang dan aman, " Sebagai contoh, pemenang lomba kita dari Kecamatan Girimaya yang mengunakan bahan 'Jelai' yang mana selama ini di ketetahui jelai hanya sebagai semak - semak atau belukar itu ternyata hal itu bisa di gunakan sebagai penganti beras," terangnya.

Adapun pemenang dalam perlombaan tersebut yakni, Juara 1 Kecamatan Girimaya, Juara 2 Kecamatan Rangkui, Juara 3 Kecamatan Bukit Intan, Harapan 1 Kecamatan Gabek, Harapan 2 Kecamatan Pangkalbalam, Harapan 3 Kecamatan Gerunggang, dan Harapan 4 Kecamatan Taman Sari.

Diakuinya, Kecamatan Girimaya memenangi lomba tersebut karena bahan yang di gunakan mudah di peroleh, dan mudah diolah dalam keseharian dirumah, " Tidak hanya itu, mereka juga membuat dendeng dari jantung pisang, juga membuat nasi goreng berbahan pisang yang di warnai menggunakan buah naga, artinya dengan keseimbangan gizi nya itu Kecamatan Girimaya mengunguli kecamatan lainya," pungkasnya.

 

" Harapan kami kedepan, bagi pemenang lomba bisa mewakili Pangkalpinang ditingkat provinsi tahun depan," harapnya.