Camping Ground Tikus Emas

Berlibur Murah Di Karibianya Pulau Jawa

04, November 2018 - 10:27 AM
Reporter : Viki Saputra
Pulau Menjangan Kecil - Doc Bangkini Travel (18/10/2018 - Viki)
Pulau Menjangan Kecil - Doc Bangkini Travel (18/10/2018 - Viki)

Jepara, Bangkaterkini.id - Siapa yang tak mengenal keindahan kepulauan Karibia? Pulau-pulau yang terbentang menuju selatan dari bawah Florida ke barat laut Venezuela di Amerika Selatan. Namun, percaya kah anda? apabila gugusan-gugusan pulau tersebut berada di Indonesia yaitu tepatnya di tengah Laut Jawa yang berada pada wilayah adaministratif Kabupaten Jepara Provinsi Jawa tengah.

Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Akses untuk menikmati keindahan gugusan pulau "surga" Karimunjawa, Jawa Tengah kini semakin mudah. Selain melalui Dermaga Pantai Kartini di Kabupaten Jepara, wisatawan juga dapat berkunjung lewat Kota Semarang via Pelabuhan Kendal atau bila ingin melalui jalur udara kini juga tersedian penerbangan reguler Wings Air terbang setiap hari dari Semarang (SRG) - Karimujawa (KWB).

Salah satu Wartawan Bangka Terkini berksempatan menikmati layanan kemudahan transportasi itu ketika berangkat menggunakan kapal Ferry KM. Siginjai, pada tanggal 16 Oktober 2018 lalu. Perjalanan menuju Karimunjawa melalui pelabuhan karimunjawa membutuhkan waktu selama kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam perjalanan.

Untuk dapat akses Pelabuhan Kartini, baik dari Kota Semarang atau Jepara tinggal menuju arah ke Dermaga. Dari Semarang ke Jepara butuh waktu sekitar 3 jam. Anda tak perlu khawatir, karena tanda penunjuk arah sudah cukup untuk sampai ke Pelabuhan Kartini. Sebelum naik kapal, jadwal kapal cepat itu perlu diingat betul karena kapal tidak berlayar setiap hari. Dari Pelabuhan Kartini, pelayaran dibuka pada Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Jam keberangkatan rata-rata pukul 09.00 dan 10.00 WIB setiap harinya.

Sebelum berlayar, petugas juga akan memeriksa tiket sesuai dengan identitasnya. Anda wajib menunjukkan identitas pengenal baik KTP, SIM ataupun paspor.

Sementara kepulangannya dari Dermaga Karimunjawa disediakan pada Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu. Kepulangan rata-rata pada pukul 07.00 WIB dan 11.00 WIB. Hal yang sama juga berlaku dari Pelabuhan Kendal ke Karimunjawa. Jadwal keberangkatan perlu dicermati karena kapal tak berlayar tiap hari. 

Pukul 11.00 WIB, kapal tiba di Dermaga Karimunjawa dengan cuaca yang amat bersahabat. Mobil dan motor terparkir rapi di depan dermaga yang menawarkan jasa menghantarkan wisatawan. Beberapa motor juga terlihat disewakan kepada wisatawan baik asing maupun domestik.

Harga sewa motor bervariasi antara Rp 75.000 hingga Rp 200.000 tiap hari. Melalui motor sewa, Anda dapat berkeliling pulau Karimunjawa sesuka hati. Akses bahan bakar juga tersedia penuh di pulau ini berkat kebijakan BBM Satu Harga.

Beragam hotel dan penginapan baik dengan harga murah hingga menengah tersedia di pulau itu. Beberapa rumah warga juga banyak yang dijadikan homestay. Berapa agen wisata pun menawarkan paket wisata mulai dua hari satu malam, hingga empat hari tiga malam. Anda tinggal memilih sesuai dengan budjet yang Anda miliki.

Di Pulau Karimunjawa, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri di sana. Ada paket wisata snorkeling dengan keindahan terumbu karangnya, memberi makan ikan Nemo, berenang bareng hiu, menikmati sunset di Pulau Menjangan, trekking mangrove, hingga menikmati keindahan bukit Love yang melegenda.

Suasana di Karimunjawa juga seperti Bali, sudah sangat bersahabat dengan wisatawan. Jika belum ke Karimunjawa, cobalah dan nikmati keindahannya.

Berita Terkait