Camping Ground Tikus Emas

Persiapan Porprov IV, KONI Babel Rakor Bersama KONI Kab/Kota

17, November 2018 - 02:37 PM
Reporter : adithan
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung melaksanakan rapat koordinasi KONI se - Bangka Belitung di Ruang Pertemuan Balitong Resort, Jum'at (16/11/2018).
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung melaksanakan rapat koordinasi KONI se - Bangka Belitung di Ruang Pertemuan Balitong Resort, Jum'at (16/11/2018).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung melaksanakan rapat koordinasi KONI se - Bangka Belitung dengan tema "Sinergitas dan Harmonisasi Koni Provinsi dan Koni Kabupaten atau Kota Menuju Porprov VI Bangka Belitung Tahun 2022", di Ruang Pertemuan Balitong Resort, Jum'at (16/11/2018).

Kepada media, Ketua KONI Babel, Elfandi mengatakan kegiatan ini bertujuan agar terciptanya sinergitas antara Koni Provinsi dengan KONI Kabupaten atau Kota Pangkalpinang, sehingga akan menimbulkan efek yang lebih baik lagi bagi pembina olahraga di Babel ini.

" Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan untuk tidak berjalan sendiri-sendiri, tapi kita harus bersatu dan beriringan apa lagi kita akan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)," ungkapnya.

Elfandi menyebutkan melalui rapat koordinasi ini juga KONI Babel mencari pengurus organisasi olahraga untuk mencari formulasi terbaik bagi perkembangan olahraga di Bangka Belitung, " Khususnya untuk atlet-atlet di Provinsi Babel dengan KONI Kabupaten/Kota, karena untuk atlet-atlet berprestasi ini semua kewenangan ada di Kabupaten atau Kota," pungkasnya.

" Saya minta agar kebijakan rapat ini bisa dijadikan acuan bersama dalam pembinaan olahraga beberapa tahun ke depan, karena pembinaan harus berkesinambungan dan terpola dengan baik, tidak lagi terkesan stagnan," tegasnya.

Diakuinya, selama ini induk organisasi olahraga terbilang hanya aktif terlihat ramai-ramai bekerja, selama masa Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) saja, mengingat Porprov hanya dilaksanakan empat tahun sekali, " Maka kita akan mencari cara dan diskusi bagaimana pola terbaiknya nanti, sehingga keaktifan kegiatan olahraga bisa berkesinambungan," ujarnya.

Tidak hanya itu, Dirinya juga mengatakan ini menjadi tantangan KONI Babel kedepannya yakni dari Kementerian meminta masa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang mana dari empat tahun sekali, menjadi tiap dua tahun. " Dan jika memang dilaksanakan kebijakan level nasional tersebut benar diterapkan, kita akan kelabakan," jelasnya.

Lebih lanjut, KONI Babel terus berupaya berusaha melakukan terobosan prestasi yang maksimal sehingga mampu mengharumkan nama Babel baik di level nasional maupun internasional.
" Kita ingin lebih dikenal daerah lain melalui prestasi olahraganya, sehingga diharapkan untuk tiap cabang olahraga prestasi di Babel, ada semacam penyelenggaraan tingkat provinsi yang rutin dan berkala," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Babel, Suharto menyampaikan agar pengurus KONI yang  dapat meningkatkan prestasi olahraga hingga Babel lebih dikenal.

" Olahraga itu tidak hanya melalui prestasi. Karena jika olahraga tidak dikenal dan tidak dicintai oleh masyarakat bagaimana mau ada prestasi. Jadi yang sudah ada kita tingkatkan lagi prestasinya, yang kurang kita kenalkan lagi ke masyarakat," tuturnya.

Suharto menambahkan sebentar lagi Provinsi Babel akan menghadapi Porprov dimana melalui Porprov ini merupakan kunci kemampuan menuju PON yang akan datang.

" Untuk itu diharapkan pengurus KONI untuk secara serius dapat membantu pelatih para atlet-atlet dalam menghadapi Porprov, karena di sinilah kita bisa mengetahui kemampuan para atlet-atlet nantinya dalam menghadapi PON nantinya," tutupnya.