Camping Ground Tikus Emas

Ajak HPI Babel, RSUD Dr. Ir. H. Soekarno Babel Akan Gelar Operasi Bibir Sumbing

16, December 2018 - 11:02 PM
Reporter : adithan
Direktur RSUD Provinsi Dr. Ir. H. Soekarno Babel, Dr. Armayani Roesli saat bertemu Ketua HPI Babel Rikky Fermana di La Terase Cafe, Minggu (16/12/2018).
Direktur RSUD Provinsi Dr. Ir. H. Soekarno Babel, Dr. Armayani Roesli saat bertemu Ketua HPI Babel Rikky Fermana di La Terase Cafe, Minggu (16/12/2018).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Dr. Ir. H. Soekarno Bangka Belitung (Babel), mengajak Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel akan bekerjasama melaksanakan kegiatan sosial operasi bibir sumbing.

Kepada media, Direktur RSUD Provinsi Dr. Ir. H. Soekarno Babel, Dr. Armayani Roesli mengatakan Kegiatan ini direncanakan akan dilakukan sepanjang tahun 2019 mendatang.

" Kita siap kerjasama dengan teman-teman pewarta untuk kegiatan sosial ini. Untuk tahap awal ini kita buat kegiatan operasi bibir sumbing. Nanti kita buat kegiatan lain yang bermanfaat untuk masyarakat Babel," ungkapnya saat berbincang-bincang santai dengan Ketua HPI Babel di La Terase Cafe, Minggu (16/12/2018).

Diakuinya, dengan fasilitas peralatan dan sumber daya manusia (SDM) yang sudah mumpuni, tidak menjadi halangan bagi RS Dr (HC) Soekarno Provinsi Kepulauan Babel melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang berkaitan dengan bidang kesehatan, " Apalagi rumah sakit ini adalah milik masyarakat Bangka Belitung, maka menjadi wajar jika diperuntukan bagi masyarakat Bangka Belitung," ujarnya.

Lanjutnya, dengan mengajak HPI Babel bekeirjasama dalam kegiatan operasi bibir sumbing ini, karena HPI memiliki jangkauan informasi yang cukup luas di Bangka Belitung. Serta akan segera melakukan MoU agar Januari sudah bisa dilaksanakan operasi bibir sumbing ini.

" Silahkan kepada teman-teman HPI untuk mengkoordinasikan siapa saja masyarakat yang butuh mendapatkan pelayanan operasi bibir sumbing. Syaratnya mudah, cukup berusia minimal enam bulan sudah bisa menjadi peserta dan bisa mendapatkan pelayanan operasi bibir sumbing," jelasnya.

Sambung Ketua HPI Babel Rikky Fermana, mengatakan pihaknya siap bekerjasama guna mensukseskan kegiatan sosial operasi bibir sumbing tersebut, " Kami sangat mengapresiasi ajakan Dr Armayani. Kami siap bekerjasama untuk ikut melayani masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan operasi bibir sumbing ini," tegasnya.

Lebih lanjut, Dr Armayani juga menjelaskan banyak faktor yang menjadi penyebab bibir sumbing, salah satunya Faktor genetik yang kemungkinan memainkan peran besar sebagai penyebab bibir sumbing. 

" Ya, orangtua atau saudara kandung bisa saja mewariskan gen pemicu timbulnya bibir sumbing. Konsumsi obat selama masa kehamilan ibu juga turut memengaruhi kondisi bayi saat lahir," terangnya.

" Selain itu, faktor dari lingkungan sekitar juga punya andil cukup kuat sebagai penyebab bibir sumbing. Misalnya ibu hamil yang sering terpapar virus dan bahan kimia. Kebiasaan minum alkohol, konsumsi obat-obatan terlarang, hingga kekurangan nutrisi tertentu selama kehamilan," tutupnya.