Camping Ground Tikus Emas

Ikut Panen Padi Perdana 2019, Erzaldi Ajak Petani Tanam Sorgum

15, January 2019 - 06:30 AM
Reporter : adithan
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, melakukan kegiatan Panen Padi Perdana Tahun 2019, milik salah satu warga di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Senin (14/01/2019).
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, melakukan kegiatan Panen Padi Perdana Tahun 2019, milik salah satu warga di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Senin (14/01/2019).

Bangka Terkini, Air Anyir --- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, melakukan kegiatan Panen Padi Perdana Tahun 2019, milik salah satu warga di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Senin (14/01/2019).

Selain berdialog dengan warga sekitar, orang nomor satu di Babel tersebut juga berkesempatan menggiling Padi hasil Panen Perdana Tahun 2019 di areal seluas 90 hektar itu.

Diakui Pemilik lahan, Abdullah mengatakan dari 90 hektar lahan yang dimilikinya baru sekitar 15 hektar yang dimanfaatkan sebagai Ladang Padi bersama warga dan kelompok tani.

" Pada Panen Perdana ini, dari lahan yang digarap menghasilkan sekitar 3 ton. Kemudian hasilnya selain untuk dikonsumsi oleh warga, rencananya juga akan dijual ke masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Erzaldi sangat mengapresiasi terhadap hasil panen para warga Air Anyir ini. Namun Dirinya berharap selain padi, masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam sorgum.

" Untuk itu, agar hasilnya nanti bisa memberikan keuntungan bagi para petani, saya mendorong para petani menanam Sorgum di Lahan itu," pungkasnya.

Dijelaskannya mengingat dirinya merupakan pembina komunitas Sorgum di daerah ini. Sehingga dirinya mengetahui hasil, manfaat dan keuntungan yang lebih. Untuk Babel, baru 30 hektar untuk pengembangan Sorgum ini. Rencananya akan dibuat 300 hektar penanaman Sorgum di Babel ini.

" Sorgum memiliki masa panen sekitar tiga hingga empat bulan. Selain memiliki harga jual yang tinggi, Sorgum sangat baik untuk penderita Diabetes, dan Autis," jelasnya.

Lanjutnya, Pemerintah juga akan membantu pembibitan dan peralatan untuk mendorong pengembangan Sorgum ini, oleh masyarakat.

" Jadi, dengan lahan 90 hektar di Air Anyir ini, bisa memenuhi sepertiga lahan yang direncanakan, dan kalau perlu bisa dibangun pabrik pengolahan sorgum juga di tempat ini," harapnya. 


Sumber berita : Humas Pemprov Babel