Camping Ground Tikus Emas

Manfaatkan Lahan Eks Tambang, Erzaldi Tanam Sorgum Di Tanah Seluas 2 Hektar

06, March 2019 - 07:07 AM
Reporter : adithan
Gubernur Babel Erzaldi Menanam Tanaman Sorgum Perdana di Lahan Eks Tambang Parit Enam, Pangkalpinang, Selasa (05/03/2019).
Gubernur Babel Erzaldi Menanam Tanaman Sorgum Perdana di Lahan Eks Tambang Parit Enam, Pangkalpinang, Selasa (05/03/2019).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan Penanaman Sorgum Perdana di Lahan Eks Tambang Timah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, yang berdampingan dengan lokasi Islamic Center, Parit Enam, Kota Pangkalpinang, Selasa (05/03/2019).

Penanaman Sorgum perdana yang digagas oleh Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel di atas lahan seluas 2 hektar tersebut, turut diikuti Pejabat dari unsur Forkopimda dan para Pejabat di lingkup Pemprov, awak media, Petani Sorgum dan instansi terkait lainnya. 

Gubernur Babel, Erzaldi mengatakan komoditas Sorgum ini, masih baru di Babel, dan dapat dikembangkan untuk menambah tanaman pangan yang ada. " Komoditas ini juga cocok dibudidayakan di Babel untuk meningkatkan ketahanan pangan," ungkapnya.

Tanaman Sorgum adalah jenis tanaman rumput-rumputan, dan masih satu golongan dengan padi, jagung dan gandum, " Selain sehat, enak, karbohidratnya juga tinggi. Tanaman ini, mulai dikembangkan di Babel sebagai bahan pangan setelah jagung, padi, gandum, dimulai dari Parit Enam Pangkalpinang ini," pungkasnya.

" Tak hanya itu, mulai dari batang hingga buah, Sorgum dapat dipergunakan dengan baik, dimana dari batang Sorgum dapat menghasilkan gula dan biji Sorgum untuk beras atau tepung, dan batangnya juga dapat diberikan untuk pakan hewan," terangnya.

Lebih lanjut, Dirinya pun meminta kepada pengelola tanaman Sorgum ini, untuk mengembangkan tanaman Sorgun lebih baik lagi. " Jangan hanya menanam Sorgum ini di lahan seluas 2 hektar ini saja, namun seluruhnya ada 9 hektar," pesannya.

Senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi bahwa biji (beras) sorgum ini, memiliki karbohidrat yang tinggi, serta hal ini, menjadi peluang yang cukup baik dalam menambah varietas jenis makanan pokok yang ada.

" Dengan dikembangkannya sorgum ini, kedepan dapat dipasarkan secara luas, dan nilai jualnya juga mampu bersaing di pasaran. Selain itu, bekas pengolahan dari sorgum dapat diolah menjadi makanan ternak," jelasnya.

" Dengan adanya tanaman Sorgum dikawasan bekas tambang ini, merupakan langkah yang tepat, sehingga kawasan tambang yang selama ini ditinggalkan, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat setempat," tutupnya. (*)