Camping Ground Tikus Emas

Libatkan Komunitas, BECAK Babel dan KPU Bangka Tanam Pohon Pemilu

08, April 2019 - 12:29 PM
Reporter : adithan
Kolaborasi KPU Bangka dengan BECAK Babel menggelar kegiatan Penanaman bibit pohon, mangrove, dan lomba tradisonal di pesisir Pantai Rebo Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (06/04/2019).
Kolaborasi KPU Bangka dengan BECAK Babel menggelar kegiatan Penanaman bibit pohon, mangrove, dan lomba tradisonal di pesisir Pantai Rebo Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (06/04/2019).

Bangka Terkini, Sungailiat --- Komunitas Bangka Environment Creative Activision of "Kawa" (BECAK) Bangka Belitung (Babel), kembali berkolaborasi dengan KPU Bangka melalui Relasi Bangka dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan kreatif untuk mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Dalam kesempatan tersebut, panitia menyelenggarakan kegiatan Penanaman bibit pohon, mangrove, dan lomba tradisonal di pesisir Pantai Rebo Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (06/04/2019).

Kegiatan bertajuk "SAVE INDONESIA NATURE" itu diikuti lebih dari 200 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai komunitas seperti, Forum Indonesia Muda, Forum Genre Sepintu Sedulang, Anggota Remaja Aktif, Generasi Baru Indonesia, Prajurit Hijau MTs Nurul Falah Kimak, HOPE Education, Dahlia Foundation, Pelajar MAN 1 Bangka,  Komunitas Sahabat Alam, Forum Anak Kab. Bangka.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kades Rebo dan dihadiri oleh Komisioner KPU Bangka. Pembukaan kegiatan ditandai dengan penanaman pohon Pemilu jenis mangrove di pesisir pantai Rebo yang telah mengalami degradasi ekosistem lingkungan. Setelah seluruh peserta melakukan penanaman bibit pohon pinang, mangrove, dan jambu mente,  kegiatan dilanjutkan dengan kompetisi komunitas berupa permainan tradisional.

Para peserta sangat antusias berkompetisi, permainan-permainan itu membutuhkan kekompakan tim dan pengetahuan seputar PEMILU. Kegiatan diakhiri dengan Sosialisasi Pemilu 2019 oleh Relasi KPU Bangka, Pembagian Hadiah dan Doorprize yang disediakan oleh KPU Bangka.

Ketua Umum BECAK Babel, Arinda Unigraha yang juga merupakan Duta Maritim Indonesia memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda dan masyarakat lebih peduli dengan lingkungan, khususnya daerah pesisir pantai.

Diakuinya Pantai Rebo ini harus mendapat perhatian, menurut pantauan BECAK Babel, hanya tersisa beberapa tegakan mangrove saja, sehingga pihaknya memilih daerah ini untuk dilakukan rehabilitasi penanaman mangrove.

" Mangrove berguna untuk penyangga lingkungan, penghalang abrasi dan ombak, serta pengkayaan hayati bagi biota untuk tempat hidup. Selanjutnya kami akan memantau secara rutin bibit-bibit pohon yang telah di tanam hari ini, sehingga pertumbuhan dan perkembanganya  dapat optimal. Terima kasih kepada KPU Bangka yang telah berkolaborasi untuk kegiatan ini," pungkasnya

Sementara itu,  Iman Supiar selaku salah satu Komisioner KPU Bangka yang hadir dalam kegiatan menyampaikan, disamping menjadi media sosialiasi PEMILU 2019 bersama Komunitas-komunitas, kegiatan ini juga bermanfaat untuk pelestarian lingkungan.

" Senang sekali rasanya bisa ikut berbaur bersama, menanam bibit mangrove untuk perbaikan lingkungan dan berada di tengah-tengah anak muda yang aktif ini. Kami berharap, para peserta yang telah dibekali pengetahuan tentang kepemiluan, dapat ikut menyukseskan kegiatan PEMILU 2019 ini. Mereka harus mampu menjadi agen minimal bagi keluarga dan orang-orang di sekitar mereka untuk dapat ikut menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti," harapnya.

Lebih lanjut Fahmi Andika, salah satu Pembina BECAK Babel yang hadir mendampingi Komisioner KPU Bangka,  menambahkan, Kegiatan ini sangat positif, memadukan Pemilu dan penanaman pohon, sehingga tercetus ide penanaman pohon pemilu.

" Filosofinya semoga penyelenggaraan Pemilu 2019 ini umpanya seperti menanam pohon, tumbuh subur untuk kesejahteraan masyarakat. Saya berharap setelah ini walaupun nanti Pemilu 2019 telah usai, kegiatan-kegiatan kreatif pelestarian lingkungan yang diselenggarakan secara mandiri seperti ini terus dilakukan BECAK Babel, dan semakin mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sukseskan Pemilu 2019, Lestarikan Lingkungan" tutupnya. 

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang