Camping Ground Tikus Emas

Semarak Ramadhan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam

31, May 2019 - 11:34 PM
Reporter : adithan
Kegiatan semarak Ramadhan yang sebelumnya bernama Ramadhan Ceria merupakan program unggulan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam Kabupaten Bangka Barat (Babar)
Kegiatan semarak Ramadhan yang sebelumnya bernama Ramadhan Ceria merupakan program unggulan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam Kabupaten Bangka Barat (Babar)

Bangka Terkini, Bangka Barat ---
Kegiatan semarak Ramadhan yang sebelumnya bernama Ramadhan Ceria merupakan program unggulan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam Kabupaten Bangka Barat (Babar), di bidang keagamaan, tahun ini merupakan kali ke-empat dilaksanakannya kegiatan tersebut. Sejak masa kepengurusan Rifki Ahmad selaku ketua Karang Taruna sebelumnya dan dilanjutkan kembali oleh Saudara M. Tohir selaku ketua karang taruna sekarang melalui Divisi Keagamaan.

Dalam Semarak Ramadhan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam kali ini terdiri dari beberapa agenda diantaranya pertama Syi’ar Ramadhan yang diisi oleh pemuda-pemuda dan tokoh masyarakat sebelum berbuka di Masjid Al-Wustha Desa Rukam yang kedua adalah bimbingan tahfidz anal-anak Desa Rukam yang ketiga adalah Festival Ramadhan Ceria dan yang terakhir adalah Program Satu Rumah Satu Tujuh Likor.

Ketua karang taruna Desa Rukam, M. Tohir mengatakan agenda yang bertajuk Semarak Ramadhan Karang Taruna Idaman Desa Rukam ini telah dibuka pada H-1 Ramadhan, sebagai sasaran kegiatan ini adalah anak-anak Desa Rukam seusia SD dan SMP yang memiliki keinginan untuk mempelajari dan menghafal al-Qur’an.

Sementara itu, Asbandi selaku ketua pelaksana mengatakan Program Tahfidz Al-Qur’an yang merupakan bagian dari agenda tersebut diisi oleh pemuda-pemudi Desa Rukam selaku pembimbing dalam menghafal dan membaca al-Qur’an dan dilakukan secara bergiliran selama 20 hari dari hari pertama Ramadhan.

" Dalam bimbingan ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori tahfidz juz satu dan kategori juz 30, masing-masing disajikan ayat demi ayat untuk dihafal sehigga output dari program ini anak-anak memiliki hafalah sesuai dengan kategori masing-masing," terangnya kepada Bangka Terkini, Jum'at (31/05/2019).

Untuk melihat hasil dari kegiatan tersebut anak-anak ditampilkan dalam acara festival Ramadhan Ceria yang merupakan agenda puncak untuk menampilkan kemampuan anak-anak bimbingan Karang Taruna yang berbentuk perlombaan, diantaranya lomba bidang tahfidz juz 1 dan juz 30 sebagai wadah mengukur hafalan selama bimbingan, kedua lomba azan yang terakhir adalah lomba busana muslim.

Seluruh agenda tersebut merupakan upaya pemuda-pemudi desa rukam melalui Karang Taruna untuk mendidik anak-anak desa rukam untuk mengisi waktu luang dibulan ramadhan agar terciptanya generasi yang Qur’ani.