Camping Ground Tikus Emas

Ini 17 Buah - Buahan, Yang Baik Pada Masa Kehamilan

30, June 2019 - 10:37 PM
Reporter : Viki Saputra
Pelaksana Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Air Itam, Darmi Afriansih AM.Keb.
Pelaksana Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Air Itam, Darmi Afriansih AM.Keb.

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Tim Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang telah merangkum 17 macam buah - buahan yang baik untuk kesehatan seorang wanita pada masa kehamilan.

Pasalnya, pada masa kehamilan, seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari kondisi biasanya, hal ini di karenakan pada saat hamil juga harus mencukupi nutrisi untuk bayi, yang ada di dalam kandunganya.

Melalui Pelaksana Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Air Itam, Darmi Afriansih AM.Keb, menghimbau agar ibu hamil menjalani pola makan yang lebih sehat di bandingkan saat sebelum masa kehamilan.

" Ada banyak sekali makanan sehat yang bisa di konsumsi oleh ibu hamil, untuk memberikan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Salah satu nya makanan yang sehat yang baik di
konsumsi oleh ibu hamil adalah buah buahan," himbaunya.

" Buah memiliki banyak sekali kandungan serat dan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh dan janin. Selain itu buah juga kaya akan asam folat, beta karoten dan juga kalium yang sangat penting. Karena mampu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan juga calon bayi," terangnya.

Ini Buah yang baik di konsumsi oleh ibu hamil yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin selama masa kehamilannya.

1. Pisang

Buah pertama yang baik di konsumsi oleh ibu hamil, karena pisang kaya akan kandungan kalium dan mineral yang sangat penting bagi ibu hamil. Agar menambah energi serta menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh dan kandungannya, yang memgandung
vitamin C, vitamin B6 dan juga serat yang sangat di butuhkan oleh ibu hamil.

2. Apel

Buah apel memang sangat nikmat dan sehat di konsumsi oleh ibu hamil karena buah apel memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti vitamin,A,C,D,E serta Zink.

3. Jeruk

Di kenal buah kaya akan vitamin c,dan memiliki kandungan folat dan asupan cairan yang sangat di perlukan oleh tubuh untuk menghindari dehidrasi.

4. Alpukat

Memiliki kandungan asam folat yang sangat tinngi dan kaya akan zat gizi seperti vit C, vit K, vit B,serta kolin, mangnesium, dan kalium yang semuanya sangat di butuhkan oleh ibu hamil.

5. Pepaya

Sudah bukan rahasia lagi jika ibu hamil rentan terhadap sembelit sehingga untuk mengatasinya bisa mengkonsumsi buah pepaya yang juga kaya akan vitamin E dan vitamin C.

6. Semangka

Kandungan air yang cukup banyak di dalam semangka sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk menjaga tubuh agar tetap bisa terhidrasi dengan baik dan kaya akan vitamin, magnesium, dan potasium berguna maengurangi kram otot.

7. Nanas



Selama ini ibu hamil takut konsumsi buah nanas padahal kandungan di buah ini kaya akan vitamin C, B6, Asam folat, zat besi, dan nutrisi lainnya yang di butuhkan ibu hamil.

8. Kurma



Buah ini memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi yakni 60 hingga 70 persen untuk memenuhi Asupan bagi ibu hamil.

9. Anggur



Buah sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan kandungan magnesium yang ada pada anggur memiliki manfaat untuk mengurangi kram selama kehamilan.

10. Mangga



Buah yang kaya vitamin C dan A sangat baik di konsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

11. Pir



Buah yang mengandung folat dan sumber serat yang sangat bagus untuk ibu hamil.

12. Aprikot



Buah ini memiliki kandungan vitamin kaya akan beta karoten, kalsium, dan zat besi dan juga potasium untuk ibu hamil berguna membantu tumbuh kembang bayi sejak dalam kandungan.

13. Cherry



Buah yang mengandung vitamin C,dan buah yang sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil karena membantu meningkatkan suplay darah ke placenta dan juga bayi.

14. Lemon



Buah ini berguna untuk ibu hamil menggurangi rasa mual dan muntah dan membantu untuk memperlancar sistim pencernaan.

15. Jambu Biji



Buah ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menstabilkan tekanan darah selama masa kehamilan .

16. Delima



Buah ini berguna memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan mengandung kalsium, folat, zat - zat besi, protein, dan nutrisi.

17. Kiwi



Buah ini bisa mencegah pembekuan darah dan zat besi yang terkandung di dalam nya.

Sudah tahu kan buah apa saja yang sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil? selain baik untuk di
konsumsi oleh ibu hamil dan juga mudah di dapatkan dan tentunya rasanya sangat nikmat.

Tapi perlu di ingat ya meski buah buahan di atas merupakan buah yang sangat sehat dan baik untuk
di ibu hamil, dalam konsumsi buah juga harus memperhatikan jumlahnya. Karena ada beberapa buah yang apabila di konsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh terutama janin yang ada di dalam kandungan.

Untuk itu, agar mendapatkan manfaat baik dari buah yang anda konsumsi, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Sehingga tidak sembarangan dalam mengkonsumsi buah termasuk memperhatikan takaran yang anda konsumsi setiap hari.


Penulis : Darmi Afriansih AM.Keb (Pelaksana Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Air Itam)