Camping Ground Tikus Emas

Mandeknya Ekspor Timah Smelter Swasta, Jadi Perhatian DPRD Babel

11, June 2019 - 07:44 AM
Reporter : adithan
DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), gelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) terkait pembahasan harga karet dan sawit yang tak kunjung naik, Senin (10/06/2019).
DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), gelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) terkait pembahasan harga karet dan sawit yang tak kunjung naik, Senin (10/06/2019).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Tersendatnya atau mandeknya eskpor timah yang dialami para smelter swasta di Bangka Belitung (Babel), ternyata menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Babel.

Ketua DPRD Babel, Didit mengatakan pihaknya bahkan sudah menjadwalkan pertemuan, untuk membahas masalah eskpor timah yang sebagian besar dihasil dari Babel pada Kamis (13/06/2019) depan.

" Ya, kita sudah jadwalkan. Kita undang pihak kepolisian daerah, dinas ESDM, kementerian ESDM, dinas perdagangan perindustrian dan lembaga Surveyor Indonesia," pungkasnya, Senin (10/06/2019) kemarin, usai rapat Badan Musyawarah (Banmus) terkait pembahasan harga karet dan sawit yang tak kunjung naik.

" Sengaja kita tidak mengundang para pihak eksportir termasuk PT Timah Tbk sebagai produsen utama timah Indonesia, agar saat pembahasan tidak terkontaminasi dari pihak mana pun. Kita tidak mau DPRD ini jadi ajang pihak - memihak, makanya mereka tidak kita undang," tambahnya.

Diakui Didit juga, pertemuan ini penting untuk menyusul laporan kurun 6 bulan terakhir, terkendalanya ekspor timah yang dialami oleh eksportir terdaftar. Hanya PT Timah Tbk satu-satu yang melakukan ekspor. " Masalah inilah yang akan kita bahas seperti apa regulasinya," ucapnya.

Untuk diketahui sebelumnya, eksportir timah batangan swasta sejak Januari hingga April belum melakukan penjualan akibat aturan yang ketat dalam hal verifikasi asal barang oleh lembaga survey yang ditunjuk pemerintah. Selain itu, aparat keamanan juga tegas terhadap aktifitas ilegal minning oleh perusahan eksportir.