Camping Ground Tikus Emas

BPBD Babel Gelar Press Conference 'Road To PRB 2019'

29, July 2019 - 03:08 PM
Reporter : adithan
BPBD Provinsi Babel, press conference 'Road To PRB 2019', yang bertempat di Rumah Makan Pagi Sore jalan Pulau Pelepas Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (29/07/2019).
Doc
Doc
Doc
BPBD Provinsi Babel, press conference 'Road To PRB 2019', yang bertempat di Rumah Makan Pagi Sore jalan Pulau Pelepas Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (29/07/2019).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan melaksanakan kegiatan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tingkat nasional.

Hal tersebut dikatakan Kepala pelaksana BPBD Provinsi Babel, Mikron Antraiksa pada press conference, yang bertempat du Rumah Makan Pagi Sore jalan Pulau Pelepas Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (29/07/2019).

Pada kesempatan itu, Mikron Antariksa didampingi langsung Plh Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar Adnan membawakan tema Road to PRB 2019.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 mendatang, dipusatkan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Kota Pangkalpinang akan diikuti oleh utusan dari BPBD seluruh Indonesia. Dalam Press Confrence tersebut, kegiatan PRB menitik beratkan pada program pelopor pengurangan penggunaan bahan plastik yang nantinya akan dilaunching di beberapa wilayah publik antara lain bekerjasama dengan perum angkasapura.

" Kita akan kebeberapa tempat seperti di tempat-tempat ibadah yang sudah menerapkan program tidak menggunakan bahan plastik," ungkapnya.

Adapun pada rangkaian pra event PRB tersebut akan dilaksanakan berbagai perlombaan karya tulis kebencanaan diantaranya lomba berita kebencanaan, lomba Foto kebencanaan serta lomba Poster kebencanaan dimulai 1 Juli hingga 30 September 2019. Bimtek Pramuka Penanggulangan Bencana dan pelatihan srikandi bencana juga akan masuk pada rangkaian PRB dari 7 hingga 9 Oktober 2019 (Tentatif) serta Jambore Relawan Indonesia 34 Provinsi pada 8 sampai 11 Oktober 2019 bertempat di Resort Pelangi Tanjung Tinggi Beach. 

Pada pelaksanaan event PRB yang akan dilaksanakan pada 11 hingga 13 Oktober akan dilaksanakan pameran nasional meliputi pameran kebencanaan, UMKM, bonsai, kendaraan bencana dan lain sebagainya bertempat di ATM Kota Pangkalpinang. Seiring itu juga dilaksanakan Jambore Komunitas di Pantai Terentang Kabupaten Bangka Tengah pada 11 Oktober 2019 dilanjutkan Touring Kebencanaan yang diikuti oleh kendaraan roda dua (R2) dengan rute dari Bangka Barat menuju Bangka Tengah yang diperkirakan akan diikuti sebanyak 2.000 Unit kendaraan R2 serta Rally kebencanaan dan Field trip ke 34 Desa di wilayah Kabupaten Bangka Tengah yang dikuti 34 Provinsi seluruh Indonesia pada12 Oktober 2019 diakhiri pada 13 Oktober 2019 akan dialaksakan apel siaga komunitas, penanaman 5000 pohon secara serentak dan peresmian serta pelepasan satwa ke alam di Bukit Mangkol

" Sebagai acara puncak kita akan melakukan meeting dan juga seminar, sekaligus akan melakukan launching 'KELEKAK NUSANTARA' serta launching pelopor pengurangan penggunaan bahan plastik," tutupnya.