Camping Ground Tikus Emas

DPRD Babel Akan Tinjau Ulang, Terkait Defisit Rp 190 M, Pada RAPBD 2020'

09, September 2019 - 08:13 PM
Reporter : adithan
Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya
Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya

Berita Bangka Belitung, Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Didit Srigusjaya, pastikan akan tinjau ulang terhadap nilai defisit RAPBD 2020 dengan membahas bersama komisi terkait.

Hal tersebut dikatakan Didit kepada media, usai Paripurna penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Senin (09/09/2019).

" Kita akan bahas bagaimana caranya menutupi nilai defisit sebesar Rp 190 miliar tersebut, apa dengan memangkas program atau kegiatan yang bukan skala prioritas, setelah dilakukan inventarisir akan kita hilangkan," ungkapnya.

Sebelumnya, dikatakan Didit bahwa pihaknya sudah melakukan inventarisir, namun akan kembali dibahas agar ada antisipasi dan cadangan, karena dana DAK dan DAU yang diterima tidak utuh.

" Sebelumnya sudah kita lakukan inventarisir. Kita perlu cadangan atau antisipasi, walaupun kita tidak menerima dana DAK atau DAU secara utuh," akuinya.

Sementara itu, diakui Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah terdapat selisih sebesar Rp 190 miliar lebih pada RAPBD 2020. Ini bukan merupakan defisit murni, tapi defisit yang masih sehat, yang dapat tertutupi dari pendapatan lainnya seperti pajak daerah, retribusi maupun dana perimbangan.

" Yang jelas, kalau ada bukan defisit murni, tapi defisit yang masih sehat. Dalam artian akan tertutupi sambil waktu berjalan, apakah dia masuk dari pajak, retribusi maupun dana perimbangan," terang Wagub Babel.

Lanjutnya, pada RAPBD 2020 ini terdapat anggaran untuk Insentif ustad/ustadzah dan penghulu kampung atau  petugas pencatat nikah (P2N).

" Ini sesuai nota kesepahaman yang sudah ditandatangani dan termuat dalam RAPBD, dan semoga menjadi kenyataan, karena sebelumnya insentif ustadz/ustadzah menjadi tanggung jawab kabupaten/kota," tutupnya.