Camping Ground Tikus Emas

Jamnas Relawan PRB, Lakukan Pelepasan Tukik di Pantai Laskar Pelangi

13, October 2019 - 08:30 PM
Reporter : adithan
Pelepasan Tukik oleh peserta Jambore Nasional Relawan PRB di Belitung, Minggu (13/10/2019).
Pelepasan Tukik oleh peserta Jambore Nasional Relawan PRB di Belitung, Minggu (13/10/2019).

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Belitung --- Dalam rangka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie melakukan pelepasan Tukik, yang berpusat di Pantai Laskar Pelangi, Minggu (13/10/2019).

Di hadiri oleh 15 Provinsi di Indonesia itu kegiatan pelepasan tukik dengan berjalan lancar dan semarak." Sesuatu yang berkesan kami dapatkan secara tidak sengaja setelah kegiatan Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," ungkap Isyak.

Dengan total luas keseluruhan wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yankni 81.725,14 km2 yang terbagi menjadi wilayah daratan dan lautan. Meliputi 16.424,14 km2 (20.1%) luas daratan dan 65.301 km2 (79.9%) luas lautan.

Secara umum, Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan wilayah perairan, sehingga terdapat kelompok masyarakat pesisir pantai. Masyarakat pesisir pantai merupakan sekelompok orang yang hidup mandiri secara bersama - sama dalam rentang waktu cukup lama, memiliki budaya yang khas identik serta ketergantungannya pada pemanfaatan sumber daya alam pesisir dan laut.

Dimana masyarakat yang memiliki identitas yang khas itu dengan jumlah penduduk yang tidak banyak dan mengenal satu sama lain, memiliki keseragaman dengan tingkat perbedaan yang kecil. Karakter yang keras, tegas dan terbuka serta mampu menerima perubahan, kompetitif dan memiliki rasa bangga.

" Memandang alam memiliki kekuatan, sehingga perlu menghormati dan menjaga keharmonisan, hal ini mendorong untuk melakukan ritual adat laut. Adat istiadat budaya yang dijalankan memiliki kesamaan dengan daerah di bagian pesisir pantai lainnya. Salah satunya upacara adat sebagai ucapan syukur atas hasil laut yang melimpah, tolak bala dan harapan hasil laut melimpah di masa mendatang. Di Babel sendiri terdapat beberapa ritual adat seperti Taber Laot, Selamat Laut dan Buang Jong," tutup Isyak. (AsF)

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang