Camping Ground Tikus Emas

M. Arif : Baznas Ingin Unit Pengumpul Zakat Tersebar di Bangka Belitung

19, November 2019 - 04:49 PM
Reporter : adithan
Ketua Baznas Babel, Drs. M. Arif Maggu
Ketua Baznas Babel, Drs. M. Arif Maggu

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung (Babel), ingin bentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Diakui Ketua Baznas Babel, Drs. M. Arif Maggu, UPZ ini dibentuk karena merupakan peraturan Baznas dan juga menurutnya banyak yang tidak bisa membedakan antara zakat mal dengan infaq dan sedekah.

" Kita (Baznas) ingin membuat UPZ (Unit Pengumpul Zakat) karena ada di Perundang - undangan Baznas. Nanti setiap SKPD, Perusahaan, BUMD akan dibentuk UPZ ini, bahkan sampai ke masjid yang ada di Kelurahan - kelurahan guna pengumpulan zakat," ungkapnya kepada awak media, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (19/11/2019).

Untuk panitia UPZ sendiri, dikatakannya akan dibuatkan Surat Keputusan dari Baznas Kabupaten/Kota masing - masing dengan struktur Pengawas, Ketua, Sekretaris dan Bendahara. " Nanti mereka akan dibuatkan SK dari Baznas Kabupaten/Kota masing - masing," terangnya.

Diakuinya juga memang banyak yang masih mempertahankan budaya seperti dulu, tapi sebagian sudah ada yang menggunakan UPZ dari Basnaz ini. " Seperti di Kabupaten Bangka sudah hampir semua masjid menggunakan UPZ dan Pangkalpinang sebagian juga sudah menggunakan UPZ ini," terangnya. (AsF)