Camping Ground Tikus Emas

Maulid Nabi, BKPRMI Bangka Ajak Muslim Tionghoa Tingkatkan Pemahaman Islam

11, November 2019 - 06:50 PM
Reporter : adithan
BKPRMI Bangka Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad
BKPRMI Bangka Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka --- Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bangka turut memeriahkan momentum peringatan hari Maulid Nabi Muhammad bersama dengan para muslim tionghoa di Masjid Kayu Al-Bina Desa Sempan Kecamatan Pemali, Minggu (10/11/2019).

Tak seperti biasanya, dalam Perayaan hari besar Maulid Nabi Muhammad tersebut dilaksanakan dengan melibatkan puluhan muslim tionghoa yang ada di sekitaran Desa.

Pengurus Masjid Al-Bina sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Sufiyan mengungkapkan dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk merangkul para muslim tionghoa agar lebih cinta dengan masjid. Selain itu, dengan seringnya berkumpul sesama muslim diharapkan dapat saling belajar dan berbagi ilmu pemahaman tentang islam.

" Kami merasa peduli dengan sesama saudara kami yang baru mendapatkan hidayah. Sehingga dengan kepedulian tersebutlah kami berupaya membantu mereka untuk memberikan pemahalam akan agama," ucap Sufiyan.

Kedepannya kegiatan yang melibatkan para mualaf khususnya muslim tionghoa akan lebih rutin dilaksanakan. Mulai dari kegiatan tausiyah agama hingga pengajian mingguan akan digelar guna memberikan ilmu agama islam kepada para mualaf.

" Kita telah melaksanakan pengajian rutin bagi para muslim tionhoa. Meskipun mereka belum lancar dan masih terbatah-batah tetapi tekat belajar mereka sangat kuat sehingga mereka rutin menikuti pengajian," tambah Sufiyan.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bangka Bersama remaja masjid Al-Bina

Salah satu peserta mualaf, Fifi mengaku sangat bersyukur dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Dirinya merasa mendapatkan bimbingan terutama dalam belajar ilmu agama. Ditambahkannya para teman-teman mualaf lainnya juga mulai tidak segan untuk datang ke masjid untuk belajar.

" Kami sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak untuk tolong bimbing kami. Kami tidak ingin dianggap islam KTP termasuk anak-anak kami juga nantinya agar dapat pendidikan tentang islam," ungkap fifi.

Ditambahkannya juga, jumlah mualaf yang ada di sekitar masjid Al-Bina sebanyak 33 orang. Bahkan menurutnya masih banyak mualaf lainnya yang mungkin tidak terdata atau yang berada jauh dari sekitaran Masjid Al-Bina.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BKPRI Kabupaten Bangka, Hari Subari mengungkapkan apresiasi kepada pengurus dan remaja Masjid Al-Bina yang telah melaksanakan kegiatan bersama mualaf. Terlebih lagi pada saat moment Maulid Nabi ini akan mengenalkan kepada semangat dan perjuangan Nabi Muhammad.

" BKPRMI akan bersinergi dengan DMI Bangka untuk mengadakan kajian rutin tiap ahad sore, terutama bagi saudara kita muslim tionghoa yang baru masuk Islam ini. Untuk bimbingan kami berharap pihak Kementerian Agama atau MUI dpt membantu," tutur Hari.

Selain itu, menanggapi peringatan Hari Maulid Nabi, Hari mensuport seluruh DPK dan Pemuda Remaja Masjid binaan BKPRMI Bangka untuk melaksanakan kegiatan yang meningkatkan ketaqwaan. Dan hingga saat ini telah banyak kegiatan yang dilaksanakan BKPRMI dalam peringatan maulid nabi.

" Kita telah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari ceramah agama, jalan sehat, pawai obor, pentas seni, dan lain sebagainya. Kedepannya kita akan mempertahan kan kegiatan yang konsepnya memperdayakan kaum muda," pungkas Hari. (Rap)