Camping Ground Tikus Emas

Mikron : Penanggulangan Bencana Tidak Lagi Fokus Penanganan Darurat Saja

23, November 2019 - 06:37 PM
Reporter : adithan
Kerjasama BPBD Babel dan Basarnas menggelar latihan bersama penanggulangan bencana
Kerjasama BPBD Babel dan Basarnas menggelar latihan bersama penanggulangan bencana

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Terkait penanggulangan bencana dunia tidak lagi terfokus pada penanganan darurat saja atau saat terjadi bencana tetapi lebih terfokus pada kesiapsiagaan pertunjukan yang aktif.

" Dengan kata lain kita dituntut untuk lebih siap siaga dengan sekuat tenaga untuk melepaskan bencana yang akan datang," ungkap Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa, Sabtu (23/11/2019).

" Karena menurut saya salah satu dari tujuan penanggulangan bencana adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat, melestarikannya, penanggulangan bencana terencana, terkelola, terkoordinir, mendukung budaya lokal, serta membangun perencanaan pada masyarakat yang dimiliki sendiri," terangnya.

Lanjutnya, kesiapsiagaan sangat penting karena salah satu cara untuk mengurangi bahaya. Selain itu untuk memfokuskan dalam mewujudkan ketahanan masyarakat agar memiliki kemampuan mengelola diri sendiri untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Hal ini ditambah Mikron harus menjadi satu komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, karena tanggung jawab penanggulang pemerintah atas dilakukakn pemerintah dan dilaksanakan bersama-sama masyarakat.

" Kami berharap penanggulangan bencana alam, bencana sosial dan bencana non alam dapat dilakukan secara paripurna, terencana, terkelola, terkoordinir, mendorong budaya lokal, serta membangun partisipasi pada masyarakat," harapnya. (AsF)