Camping Ground Tikus Emas

Badan Kehormatan DPRD Babel inisiasi BK Award ke Anggota DPRD Berkinerja Baik

18, December 2019 - 03:08 PM
Reporter : adithan
Doc humas DPRD Bangka Belitung
Doc humas DPRD Bangka Belitung

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini --- Sebagai garda terdepan penegakkan disiplin Anggota DPRD, Badan Kehormatan (BK) dituntut menjadi tauladan dalam hal kedisplinan dan penegakkan aturan dengan berbekal Tata Tertib, Kode Etik, dan Tata Beracara DPRD.

Hal tersebut ditegaskan Muhammad Amin, Wakil Ketua DPRD Babel usai pertemuan dengan BK DPRD Provinsi Jawa Barat, (18/12/2019).

Dijelaskan Politisi Gerindra tersebut, alat Kelengkapan Dewan ini bertugas mengamati serta mengevaluasi disiplin serta kepatuhan Anggota DPRD terhadap sumpah dan janji dan kode etik.

" Anggota BK dituntut tegas terhadap seluruh Anggota DPRD yang melanggar aturan. Apabila BK tegas dan independen, akan membuat seluruh elemen DPRD bekerja secara optimal dan mencapai target yang diharapkan," ungkapnya.

Menanggapi perihal tersebut, Ketua Badan Kehormatan, H. Sukirman, pihaknya berinisiatif akan memberikan penghargaan kepada Anggota DPRD yang memiliki kinerja terbaik.

" Program penghargaan yang dipersiapkan adalah BK Award, dimana  Penghargaan ini akan diberikan kepada para angggota DPRD Bangka Belitung berdasarkan hasil penilaian Badan Kehormatan dan akademisi mempunyai kinerja terbaik," terangnya.

Sementara itu ditambahkan Algafry, tolak ukur untuk penilaian berdasarkan kehadiran, kedisiplinan, proaktif dalam menyelesaikan permasalahan dimasyarakat, ekspos di media massa dan juga tak ketinggalan moralitas person. " Kita ingin menciptkan Wakil Rakyat yang menjadi panutan," tukasnya.

Lebih lanjut, Herman Suhadi menambahkan tata tertib DPRD Babel, kini sudah disahkan. Dan diharapkan seluruh anggota dapat mematuhi tata tertib yang berlaku, diantaranya menghadiri agenda sidang paripurna.

" Kehadiran anggota DPRD di sidang paripurna merupakan kewajiban yang melekat pada setiap anggota, Jika tiga kali tidak mengikuti sidang paripurna dengan alasan yang tidak jelas, maka akan ada sanksi yang diberikan," jelasnya.

" Sampai saat ini, Alhamdulillah Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Babel sangat taat dengan Tatib dan Kode Etik DPRD," tutupnya. (Red*)