Camping Ground Tikus Emas

Peringati HPSN, Pramuka Saka Kalpataru Bangka Gelar Aksi Pungut Sampah

23, February 2020 - 05:21 PM
Reporter : adithan
Peringati HPSN, Pramuka Saka Kalpataru Bangka Gelar Aksi Pungut Sampah
Peringati HPSN, Pramuka Saka Kalpataru Bangka Gelar Aksi Pungut Sampah

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka --- Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pramuka Saka Kalpataru Bangka mengadakan kegiatan pungut sampah di sepanjang Jalan depan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Bukit Siam Sungailiat, Minggu (23/02/2020).

Dalam kegiatan tersebut diikuti hampir 50 anggota Pramuka Saka Kalpataru yang berasal dari SMAN 1 Pemali, MAN 1 Bangka, SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah, SMKN 1 Sungailiat, SMAN 1 Sungailiat, SMK Yapensu, SMA Setia Budi dan SMAN 1 Mendo Barat. Tidak hanya itu, Kegiatan pungut sampah tersebut juga diikuti oleh Pamong Saka Kalpataru Bangka, M.Imam Sasmito, Fahmi Andika serta Ketua RT, Sarpin.

Pamong Saka Kalpataru Bangka, M.Imam Sasmito menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang setiap minggu mereka lakukan. Tapi minggu ini menjadi spesial karena dilakukan dalam rangka peringatan HPSN 2020 yang jatuh pada setiap tanggal 21 Februari.

" Sekitar 50 orang Pramuka Saka Kalpataru Bangka yang terdiri dari anggota, Pamong dan Instruktur memungut dan membersihkan sampah yang ditemui sepanjang lokasi kegiatan. Mereka telah diinstruksikan sebelumnya untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan, diantaranya sapu lidi dan karung plastik. Dari sampah yang dikumpulkan, sebagian besar adalah sampah plastik," ungkap Imam.

" Diharapkan kegiatan seperti ini bisa mendidik kader-kader muda Saka Kalpataru agar selalu peduli dengan lingkungan. Kegiatan ini juga sebagai dukungan agar terciptanya Kota Sungailiat sebagai kota yang bersih dan sehat," harapnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Gidwi Sadianti mengaku senang bisa mengikuti kegiatan pungut sampah tersebut. Pasalnya, selain mendapatkan berbagai ilmu dan informasi tentang lingkungan, dirinya juga jadi memiliki banyak teman dari sekolah lain.

" Hari ini saya merasa senang karena turut serta dalam kegiatan pungut sampah dalam rangka HPSN 2020. Dari rumah saya membawa karung plastik dan bunga untuk ditanam," tukas siswi kelas 10 IPS 2 SMAN 1 Pemali ini. (RAP)