Camping Ground Tikus Emas

Cegah Corona, Satgas Covid19 Babel Minta Bank Sentral Sterilkan Uang Kertas

18, March 2020 - 02:01 PM
Reporter : adithan
Doc Google
Doc Google

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Satgas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Bangka Belitung, minta pihak Bank Sentral atau Bank Indonesia (BI) perwakilan Babel untuk melakukan sterilisasi uang kertas sebelum diedarkan kembali ke masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Mikron Antariksa kepada Bangka Terkini, Rabu (18/03/2020).

Diakuinya, hal tersebut dilakukan guna meminimalisir risiko penyebaran corona virus Disease 2019 (Covid-19) yang diklaim bisa bertahan dalam benda mati.

" Tidak lain, hal ini juga untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat di tengah-tengah maraknya penyebaran Covid 19 ini. Kami akan meminta Bank Sentral untuk mensterilkan uang kertas yang beredar sebelum di edarkan kembali," ungkapnya.

Tidak hanya itu, ditambahkan Mikron, pihaknya juga akan meminta kepada pihak perbankan untuk membersihkan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sebagai langkah antisipasi pencegahan virus corona ini.

" Untuk peredaran uang yang sudah masuk ke bank agar di lakukan sterilisasi terlebih dahulu dan dilakukan pembersihan di tempat atau fasilitas ATM. Kita dorong perbankan untuk melakukan pembersihan fasilitas ATM dan lainnya secara rutin yang bersentuhan langsung dengan tangan," tutupnya. (AsF)