Camping Ground Tikus Emas

'Waspada Corona' Ini Instruksi BPBD Pangkalpinang

17, March 2020 - 03:51 PM
Reporter : adithan
Doc : BPBD Kota Pangkalpinang
Doc : BPBD Kota Pangkalpinang

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Sehubungan dengan merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia dan Dunia, maka dengan ini BPBD Pangkalpinang sampaikan beberapa instruksi untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus tersebut di Kota Pangkalpinang.

Terkait perihal pencegahan Virus Corona, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Pangkalpinang, menyampaikan atau instruksikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Aktifitas kegiatan belajar mengajar di Tingkat Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak (Pendidikan Anak Usia Dini), SD, SMP, serta TPA, Madrasah dan yang setara lainnya akan diatur oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang.

2. Agar seluruh aktifitas yang melibatkan orang ramai di himbau atau dianjurkan untuk ditunda sementara/dijadwalkan kembali sampai waktu yang lebih kondusif dan akan diumumkan oleh Pemerintah Daerah dikemudian hari.

3. Aktifitas keramaian khusus (Kegiatan yang melibatkan orang banyak) di Pantai Wisata/Tempat Hiburan, Gedung Pertemuan, Mall, dan Pasar dihimbau untuk tidak dilaksanakan sampai diumumkan kemudian kecuali aktifitas personal dapat dijalankan seperti biasa.

4. Agar semua pengurus rumah ibadah dapat se-segera mungkin membersihkan rumah ibadah dan dilaksanakan berkoordinasi dengan Puskesmas/Dinas Kesehtan di Kota Pangkalpinang.

5. Agar semua pengelola tempat publik sepert Bandar Udara, Pelabuhan Laut, Hotel, Asrama, Restorant/Rumah Makan/ Warung, Pasar, Supermarket, Destinasi Wisata, Sekolah-sekolah, Perkantoran dan lainnya dapat terus dibersihkan secara rutin dengan konsisten dan menyediakan cairan pembersih antiseptik pada beberapa titik di lokasinya masing-masing.

6. Agar seluruh masayarakat mengedepankan pola hidup bersih dan sehat dengan : 

a. Makan makanan bergizi dan seimbang.
b. Olahraga ditempat terbatas.
c. Perbanyak minum air putih hangat.
d. Periksakan diri ke dokter apabila ada sakit tenggorokan, batuk, pilek, demam ke fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit.
f. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
g. Menggunakan anti septik untuk mencuci tangan apabila diperlukan.
h. Periksa suhu tubuh setiap hari.
i. Gunakan masker apabila sakit.

7. Agar menghindari bersalaman dengan kontak langsung dan menjaga jarak bicara minimal 1(satu) meter dengan lawan bicara yang sedang batuk/pilek.

8. Penyebaran Informasi Corona melalui Media Online (Website) Media Elektronik (Radio) dan Media Cetak (Spanduk, Brosur,Pamflet, Baleho), serta melalui mobil keliling dengan menggunakan pengeras suara.

9. Agar pihak Kecamatan,Kelurahan, dan Tempat Ibadah menginformasikan kepada masyarakat / warga setempat terkait masalah Corona COVID-19 dan pencegahannya.

10. Agar masyarakat tidak panik dan beraktifitas dengan terbatas tanpa harus melakukan upaya yang berlebihan seperti: Masker, anti septik, sembako, dalam jumlah besar untuk kepentingan pribadi.

11. Melakukan Lock Down sementara selama 14 hari kedepan jika di perlukan.

12. Pemerintahan Daerah akan terus menyampaikan hal – hal penting dan informasi kepada masyarakat melalui berbagai media, agar tidak mempercayai Hoax dan hanya meyakini informasi yang bersumber dari Pemerintah Daerah secara Resmi.

13. Agar semua pihak melaksanakan dan mematuhi intruksi ini sampai adanya informasi lain dikemudian hari yang disampaikan secara resmi oleh Pemerintah Daerah.

Sumber : BPBD Kota Pangkalpinang 

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang