Camping Ground Tikus Emas

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Bantu Dai Melalui Program Dai Bina Umat

04, May 2020 - 08:06 PM
Reporter : adithan
Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berikan bantuan melalui program Da'i Bina Umat, yang bertempat di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Senin (04/05/2020).
Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berikan bantuan melalui program Da'i Bina Umat, yang bertempat di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Senin (04/05/2020).

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berikan bantuan melalui program Da'i Bina Umat, yang bertempat di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Senin (04/05/2020).

Dalam sambutannya, Erzaldi Rosman menilai Dai Bina Umat (terlebih dahulu disebut penghulu) sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

" Saat ini sudah tidak ada istilah penghulu di kemenag, jadi kita ubah menjadi program “Dai Bina Umat”, untuk membantu kami membina masyarakat dari kelahiran hingga meninggal, ini menjadi urusan bapak-bapak semua, untuk membina umat kita menjadi umat yang bertakwa kepada Allah, jadi harus ada komitmen," ungkapnya.

" Tugas seorang Dai Bina Umat bukan hanya serta merta menikahkan orang saja, tetapi tugas mereka lebih dari itu, yaitu menjadi orang yang ditokohkan di situ, menyelesaikan masalah keagamaan, memahami keluarga, dan membahas masalah masyarakat seperti bantuan / konseling untuk pengurusan tindak lanjut," terangnya.

Dilanjutkan Erzaldi, program Dai Bina Umat telah disetujui sebelumnya yang mana juga merupakan bagian dari Badan Penasehat Pembina Pelestarian Perkawinan (BP4) serta binaan Kantor Wilayah Kementerian Relaksasi (Kanwil Kemenag) Provinsi Kepulauan Babel.

" Dengan mempertimbangkan tugas dan Wewenang Dai Bina Umat, dalam program ini pemerintah memberikan intensif satu juta setiap bulannya yang dibutuhkan perempat bulan," jelasnya.

" Semoga dengan adanya Dai Bina Umat ini, masyarakat akan lebih memperhatikan pelayanan keagamaannya termasuk pembinaan ilmu keagaamannya. Dai Bina Umat adalah tokoh panutan warga lokal. Dengan demikian dapat membantu pemerintah dalam urusan keumatan," harapnya.

Tidak hanya itu, dijelaskan Erzaldi program ini merupakan pengalaman sewaktu menjadi Bupati Bangka Tengah. " kami sudah lakukan observasi, kalau kita mau agama kuat masyarakat kuat seutuhnya, antara umara dan ulama harus kuat, inilah yang harus dilakukan. Kami membentuk program ini untuk membangun umat dan menyejahterakan umat, karena masih banyak masyarakat kita yang masih belum paham tentang ilmu agama, sehingga kami meminta bantuan bapak-bapak di sini," jelasnya.

di masa seperti ini ditambahkan Erzaldi para dai juga diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya, mengatasi, dan penangangan Covid-19. Mempertimbangkan apa yang menjadi imbauan pemerintah, agar masyarakat berhati-hati dan memperhatikan Protokol Pencegahan dan Penanganan Covid-19 untuk dilaksanakan.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Erzaldi juga memberikan sedekah pribadi berisi kain sarung dan kurma kepada para dai yang hadir. (Red/Humas Pemprov Babel)