Camping Ground Tikus Emas

Molen : Pemkot Pangkalpinang Akan Bangun Kawasan Nuansa Thionghoa

27, July 2020 - 10:22 PM
Reporter : adithan
Walikota Pangkalping, Maulan Aklil / Molen.
Walikota Pangkalping, Maulan Aklil / Molen.

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil atau Molen sebut Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang berencana bangun sebuah kawasan bernuansa Thionghoa (Chinatown), di Kelurahan Bintang, Kecamatan Rangkui.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil atau kerap disapa Molen kepada awak media, Senin (27/07/2020). 

Dijelaskan Molen, konsepnya nanti seperti Chinatown Malaka, mulai dari gerbang masuk hingga sosial budaya nya termasuk dari segi hiburan nya, juga ada pemilihan ‘amoy’ dan ‘akew’.

" Sedangka untuk Seni dan budaya Thionghoa nya, akan ada perlombaan Barong, serta ada cenderamata khusus dari Thionghoa," ungkap Molen.

Tidak hanya itu, dijelaskan Molen dikawasan tersebut juga akan dibangun tugu Martabak sebagai iconnya. " Kawasan ini akan dibangun secara bertahap, namun untuk awal kita akan bangun tugu khas martabak yang tingginya 7 meter sebagai tanda akan di bangun nya kawasan Chinatown di lokasi ini," terang Molen.

Terkait anggaran, dijelaskan Molen pembangunan kawasan tersebut akan berproses sambil berjalan, seperti pembangunan kawasan Kampung Melayu di Tuatunu.

Disinggung mengenai anggaran yang akan di gelontorkan Pemkot untuk pembangunan Chinatown ini, Molen menjelaskan jika pembangunan kawasan tersebut akan berproses, sambil berjalan seperti pembangunan kawasan Kampung Melayu Tuatunu. (Adv)