Camping Ground Tikus Emas

UBB Laksanakan KKN XV 2020 'Mengabdi di Tengah Pandemi'

19, July 2020 - 03:56 PM
Reporter : adithan
Dosen Sosiologi Fisip UBB, Tiara Ramadhani M. Kesos
Dosen Sosiologi Fisip UBB, Tiara Ramadhani M. Kesos

BANGKA TERKINI --- Sebanyak 1.600 Mahasiswa, Universitas Bangka Belitung resmi lepas 1600 Mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Rabu (15/07/2020) kemarin.

Pelepasan mahasiswa KKN tersebut dilakukan oleh Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si Bersama dengan jajaran pimpinan UBB, dan panitia pelaksana KKN XV UBB. Serta dihadiri oleh perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang mewakili masing-masing kabupaten/Kota yang menjadi lokasi KKN dan beberapa perwakilan mahasiswa. Selain itu, pelepasan juga dilakukan secara virtual dengan menggunakan media zoom yang disaksikan oleh semua dosen pembimbing lapangan (DPL) dan para peserta KKN.

Pelaksanaan KKN XV tersebar di beberapa wilayah yang ada di kabupaten/Kota di Provinsi Babel, salah satunya adalah Desa Batu Belubang Kabupaten Bangka Tengah. Tepatnya pada tanggal 15 Juli 2020 kemarin, telah dilakukan serah terima oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kepada Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, secara simbolis yang hanya dihadiri peserta KKN perwakilan di masing - masing Desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. 

Diakui Dosen Sosiologi Fisip UBB, Tiara Ramadhani M. Kesos pelaksanaan KKN XV ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana Mahasiswa lebih leluasa mengabdi ditengah masyarakat. Sedangkan pada tahun ini para Mahasiswa harus mengabdi ditengah pandemi.

Mengusung tema “berkreasi dari rumah untuk pencegahan covid-19”, diharapkan para mahasiswa yang KKN tetap dapat mengabdi dan mengaplikasikan teori yang sudah dipelajari, dengan mengedepankan protokol Kesehatan. Sama halnya dengan berbagai program kerja yang akan mereka laksanakan, ditahun ini pun, program kerja mengacu pada pencegahan covid-19.

" Artinya, dalam pelaksanaannya, para mahasiswa tetap dapat melaksanakan KKN di tengah masyarakat dengan membatasi interaksi sosial, menjaga jarak dan menggunakan masker. Hal tersebut juga sesuai dengan himbauan pihak Universitas agar dapat mematuhi protokol Kesehatan," ungkapnya.

Walaupun dengan situasi pandemi saat ini, Dirinya berharap tidak membuat mahasiswa KKN di tahun ini lemah semangat dalam melaksanakan KKN. " Walaupun dengan situasi pandemi, para mahasiswa tetap dapat mengabdi dengan mengedepankan protokol Kesehatan dan menjadi perpanjangan tangan Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19," pungkasnya. (*)