Camping Ground Tikus Emas

Bawaslu Bangka Tengah Gelar Simulasi Pemantapan Pengawasan di TPS

04, December 2020 - 07:40 PM
Reporter : adithan
Bawaslu Bangka Tengah gelar Simulasi Pemantapan Pengawasan di TPS
Bawaslu Bangka Tengah gelar Simulasi Pemantapan Pengawasan di TPS

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Bawaslu Bangka Tengah  bersama seluruh Panwaslu Kecamatan memantapkan kesiapan seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pungut hitung tanggal 09 Desember 2020 mendatang.

Hal ini dilakukan dengan menggelar simulasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dengan kondisi yang sesungguhnya.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka memantapkan kesiapan pengawasan pada hari pemungutan dan penghitungan suara tanggal 09 Desember 2020.

" Seluruh jajaran PTPS se-Kabupaten Bangka Tengah hari ini diberikan simulasi tentang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, termasuk penerapan protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang menjadi tugas pengawasan tambahan jajaran pengawas," ungkapnya.

Pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan ini dilaksanakan di 6 Kecamatan, yakni di Gedung Serba Guna Kecamatan Lubuk Besar,  Gedung Serba Guna Desa Nibung Kecamatan Koba, Gedung Serba Guna Kecamatan Namang, Hotel Grand Vella Kecamatan Pangkalan Baru, Gedung Serba Guna Kecamatan Simpangkatis dan Gedung Serba Guna Kecamatan Sungaiselan.

" Simulasi ini penting sekali untuk kami berikan kepada jajaran PTPS. Karena mereka adalah tulang punggung pengawasan kami di garda terdepan. Seluruh rangkaian pengawasan yang telah kami lakukan sejak tahapan persiapan Pilkada ini, muaranya tentu pada hari pungut hitung," terang Robianto.

Sambung Anggota Bawaslu Kabupaten Bateng, Muhamad Utoyo menerangkan bahwa dalam pelaksanaan simulasi ini, PTPS diberikan beberapa sekenario permasalahan yang mungkin saja terjadi berdasarkan kerawanan-kerawanan yang telah dipetakan sebelumnya.

" Kita juga mengingatkan kepada jajaran PTPS agar selau mengedepankan upaya pencegahan dan membangun koordinasi yang baik dengan KPPS agar tidak terjadi kesalahpahaman nanti antara PTPS dengan KPPS," tegasnya.

Seusai pelaksanaan simulasi yang berlangsung dari pagi hingga sore hari, seluruh PTPS langsung diberikan tanda pengenal dan seragam pengawasan, serta APD yang terdiri dari masker kain, masker medis, sarung tangan karet, hand sanitizer, face shield, dan vitamin C penambah daya tahan tubuh.

Sebelumnya pada tanggal 28 November 2020 kemarin, seluruh PTPS telah menjalani rapid tes dan hasilnya semuanya terbebas dari paparan Covid-19. (BOM)

Penulis : Ilham Febry Kurniawan