Camping Ground Tikus Emas

Pemprov Bangka Belitung Serahkan Bansos ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

05, January 2021 - 12:49 PM
Reporter : adithan
Pemprov Bangka Belitung serahkan bantuan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Ruang Rapat Pasir Padi hari ini, Senin (4/01/2021).
Pemprov Bangka Belitung serahkan bantuan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Ruang Rapat Pasir Padi hari ini, Senin (4/01/2021).

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- Pemprov Bangka Belitung serahkan bantuan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Ruang Rapat Pasir Padi, Senin (4/01/2021) kemarin.

Bantuan sosial tersebut diserahkan secara simbolis kepada 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Belitung, Naziarto.

Diketahui, kegiatan tersebut merupakan penyaluran serentak bantuan sosial di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi Dodo melalui video conference.

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia mengatakan penyaluran bansos ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19 dan sekaligus membantu untuk memulihkan perekonomian nasional. 

" Tahun 2021 penyaluran bansos akan terus kita lanjutkan. Dalam APBN tahun 2021 telah kita siapkan anggaran sebesar Rp 110 triliun untuk disalurkan ke KPM di seluruh Indonesia dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak  Covid-19. Artinya bansos ini kita mulai hari ini," ujarnya.

Terdapat 3 kategori bansos yang diberikan yakni bansos kategori Program Keluarga Harapan (PKH), program sembako, dan program Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Presiden RI berpesan, agar dana bantuan sosial dimanfaatkan untuk membeli sembako dan kebutuhan rumah tangga. " Jika yang mau beli sembako ya beli sembako, jangan ada yang digunakan untuk membeli rokok terutama kepada bapak-bapak. Diutamakan untuk membeli kebutuhan pokok hingga bisa mengurangi beban keluarga di saat pandemi," pesannya.

Senada, disampaikan Sekda Babel Naziarto juga berpesan agar KPM menggunakan dana bantuan tersebut untuk membeli kebutuhan pokok keluarga. " Bagi Ibu-ibu ingatkan suami supaya bantuan ini jangan dibelikan rokok tapi belilah sembako," tukasnya.

" Bansos akan disalurkan kepada KPM melalui Bank BRI maupun Bank BNI. Bantuan sembako senilai Rp 200.000 akan disalurkan setiap bulan mulai dari Januari-Desember. Program BST senilai Rp 300.000 akan disalurkan selama 4 bulan yakni mulai bulan Januari sampai April 2021 sedangkan untuk program PKH akan disalurkan melalui 4 tahap selama setahun yakni disalurkan pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021," pungkasnya. (***)