Camping Ground Tikus Emas

Bangka Belitung Masuk Lima Besar Kasus Terendah Covid-19

19, March 2021 - 12:22 PM
Reporter : adithan
Doc
Doc

BANGKA TERKINI - BANGKA BELITUNG --- Berdasarkan dengan data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, Kepulauan Bangka Belitung termasuk dalam lima besar Provinsi dengan persentase kumulatif terendah Covid-19 di Indonesia periode Februari 2021.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI per hari ini di Bangka Belitung terdapat 690 kasus aktif atau 8,36 persen. Angka ini jauh dibawah rata-rata angka kasus dunia maupun nasional. Disamping itu angka Kesembuhan pasien terkonfirmasi diatas 90 persen, dan angka kematian adalah 1,64 persen yang juga di bawah rata-rata kematian dunia dan nasional terkait Covid-19. 

Atas capaian tersebut, Ketua Satgas Covid-19 Pusat, Letjen TNI Doni Monardo mengapresiasi dan bangga pada Satgas Babel yang berhasil menekan kasus Covid-19, mengurangi angka kematian, serta meningkatkan kedisiplinan dalam pelaksanaan protokol kesehatan. 

" Semoga ini dapat terus dipertahankan. Apresiasi ini jangan lantas membuat kendor kinerja satgasnya," ujarnya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (18/03/2021) kemarin.

Dirinya menjelaskan rumus zero Covid-19 adalah 3M + 3 T + V (vaksin) + disiplin, kompak dan konsisten. " Jika ini bisa dilakukan di Bangka Belitung, walau kasus masih ada tetapi masih berpeluang terbebas dari penularan dengan penerapan rumusan ini," terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, jika Bangka Belitung (Babel) tetap bertahan pada persentase penularan yang kecil, tetapi daerah lain mengalami peningkatan kasus. Tidak menutup kemungkinan Babel bisa membantu Provinsi lain. 

Oleh karena itu, Ketua Satgas Pusat ini menganjurkan kepada Gubernur Erzaldi agar memberi kesempatan untuk para dokter di Babel untuk berkonsolidasi, dalam artian diberi kesempatan untuk berisitirahat. Sehingga tenaga dokter bisa tetap terjaga kestabilan kesehatannya, termasuk juga mereka mereka yang tergabung dalam Tenaga Kesehatan (Nakes). 

Sebagai masukan, Letjen TNI Doni Monardo tetap mengingatkan bahwa Covid-19 tidak dapat diprediksi hingga kapan berakhirnya, ketika kasus ini berkurang saat ini pun. " Jangankan satu hari atau satu jam, satu detik saja penularan Covid-19 dapat terjadi," pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Erzaldi Rosman dalam Rakor ini mengatakan kunjungan ketiga Ketua Satgas Covid-19 Pusat ke Bangka Belitung (Babel) ini diharapkan dapat memberikan arahan-arahan kepada Satgas Babel berkenaan dengan penanganan Covid-19 di Babel. 

"Agar konsistensi penanganan kasus di Bangka Belitung dapat searah dan sejalan dengan Satgas Pusat. Semoga Rakor ini dapat memberikan manfaat untuk ditindaklanjuti kedepan sesuai dengan yang diinginkan dan disampaikan," ungkap Bang ER, sapaan akrabnya. 

Secara umum, dalam Rakor ini disampaikan perkembangan kasus penyebaran Covid-19 Nasional dan secara mendetail disampaikan juga Kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Babel per 17 Maret 2021. 

Dalam kunjungan ke Babel kali ini, Letjen TNI Doni Monardo ini turut mengajak para anggota bidang dalam Satgasnya untuk menyampaikan perkembangan kasus nasional, khususnya di Babel disamping memberikan masukan dalam penanganan Covid-19.

Hadir diantaranya, Perwakilan Kementerian Olahraga, Perwakilan BPKP, Perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Perwakilan Mabes TNI/Polri, Perwakilan Kementrian Kesehatan, Perwakilan Kementerian PUPR, Perwakilan KKP, Perwakilan Esselon 1 dan 2 BNPB serta para dokter yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Pusat. (***)

Sumber: Dinas Kominfo Bangka Belitung