Camping Ground Tikus Emas

Kartini dan Geopark Belitung

22, April 2021 - 01:48 AM
Reporter : adithan
Doc
Kartini dan Geopark Belitung
Profile Syarifah Amelia
Doc

BANGKA TERKINI - BANGKA BELITUNG - Hari Kartini jatuh pada 21 April, berbicara tentang hari Kartini ada perjuangan seorang wanita berasal dari tanah Belitung yakni Syarifah Amelia.

Hari Kartini merupakan momentum bersejarah apalagi pada bulan April 2021, Geopark Belitung dinyatakan resmi menjadi salah satu UNESCO Global Geopark.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengakui Geopark Belitung, di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sebagai kawasan geopark dunia dengan alasan keunikan geologis, biologis dan budaya.

Terpantau oleh Bangka Terkini, salah satu akun media sosial (FB) Lukman Sekuncai menuliskan tentang Kartini dan Geopark Belitung.

Pada tulisan tersebut, dijelaskan pada penghujung tahun 2015, sosok wanita muda yakni Syarifah Amelia berbicara tentang Pariwisata dan kreativitas kepadanya. Pada obrolan tersebut Syarifah Amelia menjelaskan jika Belitung tidak berbenah maka secara perlahan pariwisata Belitung akan tergerus.

Terkait perihal tersebut, Wanita muda kerap disapa Amel ini merupakan alumni ITB mendapatkan informasi soal suksesor Geopark yang dimotori oleh ITB 81 untuk datang ke Pulau Belitung.

" Saya mendapatkan penjelasan soal geopark dari amel, ia mengatakan geopark adalah trend wisata dunia yg menjanjikan konsep, kelestarian alam, edukasi, unik dan pemberdayaan masyarakat. Awalnya tak banyak respon soal geopark, melalui BUMD PT Belitong Mandiri sebagai penengah antara pemerintah daerah dan ITB 81,lalu amel mengundang ITB 81 untuk melakukan sosialisasi dan persentasi kepada pemda Belitung dan Belitung Timur serta kepada masyarakat pulau Belitung, serta komunitas pencinta lingkungan yang pertama bergabung adalah Gapabel, diikuti ahli geologi putra daerah Veri Yadi dan komunitas lainnya.

Alhamdulillah hari ini Belitung sudah meraih sertifikat geopark global Unesco,perjuangan panjang itu berbuah manis," tulis Lukman dalam sebuah akun sosial media (FB).

Sementara itu, Syarifah Amelia pada akun sosial media (FB) nya mengucapkan terima kasih untuk para inisiator Lokal Belitung UNESCO Global Geopark.

" Alhamdulillah.. Makasih banyak untuk para inisiator Lokal Belitong Unesco Global Geopark,

- Pemkab Belitung dan belitung timur, pak sanem, pak yuslih, pak aan dan jajaran)
- Team BUMD Belitong Mandiri (Pak Azrul Azwar, Lukman Sekuncai , Endrafian Muftie , Ambros Dta dll)
- Team Gapabel ( bang ketue abadi Jookie Vebriansyah, bg Pifin Heriyanto , bg Veri Yadi, bg fotografer kondang Yant Yanto Haryanto dan kawan2 lainnya)

Serta para senior ITB 81 yg awalnya menggagas ide halal port , ditengah jalan tiba2 ke-ide-an utk bawa geopark ke Belitong.. sampai akhir nya hari ini, perjuangan tsb membuahkan hasil menjadi UGG.

Dan team kemenpar di era Pak Arif Yahya (ITB 80)...

Serta semua pihak yg akhir nya ditengah perjalanan semakin banyak terlibat dan melibatkan diri yg gak bs saya sebutkan satu persatu... Semoga UGG ini menjadi berkah dan sumber kemajuan ekonomi pulau belitong dan masyarakat se-pulau belitong dapat menikmati.. " kutipan tulisan Syarifah Amelia pada akun Sosial Media (FB). Red