Camping Ground Tikus Emas

Komisi III DPRD Bangka Tengah Dukung Progam Tambak Udang Skala Rakyat

24, July 2021 - 05:58 PM
Reporter : adithan
Anggota Komisi III DPRD Bangka Tengah, Era Susanto
Anggota Komisi III DPRD Bangka Tengah, Era Susanto

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Program prioritas Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman untuk mendorong perekonomian masyarakat, salah satunya dengan progam Tambak Udang Skala Rakyat yang kini sudah mulai berjalan, mendapat apresiasi dari Anggota Komisi III DPRD Bangka Tengah, Era Susanto.

Anggota dewan ini menyatakan mendukung penuh program tersebut, terlebih sudah dicanangkan dan telah berjalan sejak peletakan batu pertama pembangunan tambak udang rakyat di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Bangka Tengah pada Jumat (28/5/2021) lalu.

"Kita tau, bentang pantai Kabupaten Bangka Tengah ini sangat panjang, maka potensi alam yang sudah mendukung ini semestinya harus dimanfaatkan agar memberikan maaf yang besar untuk masyarakat," terangnya kepada wartawan tadi sore, Jumat (23/7/2021).

Menurut politisi Partai Golkar ini, program Tambak Udang Skala Rakyat, ini tentu memberikan dampak yang sangat signifikan dalam pengembangan ekonomi rakyat dan muaranya akan menyejahterakan masyarakat sekitar.

Karena itu, Era bahkan menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang dimiliki dengan membangun tambak udang skala rakyat sebanyak-banyaknya searah program Pemkab Bangka Tengah tersebut.

"Agar masyarakat bisa merasakan langsung hasilnya. Karena informasinya, jika dikelola dengan baik tambak udang ini prospek bisnis yang menjanjikan bagi rakyat," tukasnya.

Mengenai pengadaan benur, cara pengelolaan, penjualan dan teknis lainnya, anggota Fraksi Golkar DPRD Bateng ini meminta ada peran serta para pemilik tambak undang skala besar yang dapat menjadi bapak angkat guna membantu rakyat dalam program ini.

"Sarannya juga, para pemilik tambak undang skala besar mesti ikut serta mendukung program ini, bermitra dengan tambak udang skala rakyat ini baik dari segi permodalan hingga pada proses penjualan," pintanya.

Kemudian, tak kalah pentingnya, Era Susanto ingin pihak Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dapat mempermudah proses perizinan tambak rakyat. Sebab usaha ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi di masyarakat.

"Kita ingin proses pembukaan tambak rakyat ini dalam hal perizinan dipermudah, agar masyarakat menengah ke bawah bisa merasakan potensi alam di daerah sendiri," harap Era.

Bahkan, lanjut anggota dewan dua periode ini bila perlu Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mencontoh program tambak udang skala rakyat yang telah dicanangkan oleh Kabupaten Bangka Tengah ini, untuk direalisasikan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung. (**)