Camping Ground Tikus Emas

Pengait Bendera Patah Saat Upacara HUT RI di Bangka Belitung

17, August 2021 - 10:42 AM
Reporter : adithan
Detik - Detik Pengait Bendera Merah Putih Patah Saat Upacara HUT RI di Provinsi Bangka Belitung, Selasa (17/08/2021).
Detik - Detik Pengait Bendera Merah Putih Patah Saat Upacara HUT RI di Provinsi Bangka Belitung, Selasa (17/08/2021).

BANGKA BELITUNG TERKINI Besi pengait Sang Saka Merah Putih patah saat Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 di Bangka Belitung, Selasa (17/08/2021).

Dari pantauan Bangka Belitung Terkini, saat upacara pengibaran bendera yang di lakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yakni Muhammad Naufal Abyzar sebagai pengibar, Rian Anarki sebagai jangkar dan Daffa Izza Muhammad Sebagai penggerek melakukan tugasnya. Sedangkan sebagai pembina upacara yakni Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Ketika sang saka siap diderek, sempat terputus dibawah dan di pasang kembali oleh petugas pengibar bendera pusaka tersebut. Namun, saat Sang Saka tiba di pertengahan tiba - tiba pengait tali bendera pusaka terputus. Sontak pelatih dari anggota Korem 045/Garudajaya berlari kemudian memanjat tiang dan mengambil pengait tali yang terputus.

Saat dikonfirmasi, Sersan Kepala, Ananto, anggota Korem 045/Garuda Jaya, menyebutkan sikap refleknya yang sigap berlari dan menaiki tiang bendera karena bentuk tanggung jawabnya sebagai pelatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tersebut.

" Kurang lebih, sekitar setengah tiang (3 meter) dari pondasi. Karena saya lihat talinya sudah terlalu jauh untuk ditarik kembali, akhirnya langsung naik untuk meraih tali tersebut," ungkapnya.

Terpisah, Ketua Tim Pelatih Paskibraka Aipda Wahyu menjelaskan selama latihan tidak pernah ada kendala.

" Jadi ini bukan kesalahan petugas pengibar sang Saka, tapi melainkan kesalahan pelatih. Makanya tim pelatih selalu berada pada posisi masing-masing untuk melihat apakah terjadi kendala dan segera mengatasi kendala - kendala seperti ini," ucapnya.

Aipda Wahyu juga menjelaskan bahwa tali bendera tidak putus, tapi ada besi pengait yang patah. " Jadi talinya tidak putus, tapi ada besi pengait tali dan besi pengait bendera yang patah," jelasnya.

Wahyu juga mengatakan bahwa besi pengait dan bendera Merah Putih merupakan yang baru digunakan hari ini.

" Kalau latihan kita menggunakan bendera yang berbeda, dan besi ini juga langsung menempel pada bendera," pungkasnya. (AsF)


Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang