Camping Ground Tikus Emas

Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Sexual Harrasment dalam Dunia Digital'

18, August 2021 - 07:14 PM
Reporter : adithan
Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Sexual Harrasment dalam Dunia Digital'
Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Sexual Harrasment dalam Dunia Digital'

BANGKA BELITUNG TERKINI - Gerakan Nasional Literasi Digital kembali mengadakan kegiatan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021. Kali ini, webinar Literasi Digital 2021 di Kabupaten Bangka untuk Indonesia menghadirkan Ibu Desi Rahmawati, M.Pd selaku Akadimisi Bid. Manajemen Pendidikan, Akademisis Bid. Pendidikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak Ibu Dr Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd, Dosen Program Studi Jurnalistik Islam IAIN SAS Bangka Belitung Bapak Rafles Abdi Kusuma, dan Sekretaris Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Bangka Belitung  dan Dosen Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung Ibu Prima Putri Distina, M.Psi.

Adapun Key Opinion Leader (KOL) pada webinar kali ini yaitu @qonitah_azzahra Founder @hallomentor, Trainer Market Place dan Rezha Fakhrezi sebagai Moderator.

Webinar ini diadakan pada hari Rabu tanggal 18 Agustus  2021 pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dengan  tema Sexual Harrasment dalam Dunia Digital via Media Zoom Meeting. Kegiatan ini dibuka untuk umum dengan melakukan pendaftaran pada link https://s.id/lidigbangka18agustus Melalui kegiatan ini Kominfo berharap dapat mendukung transformasi digital Indonesia

Kegiatan massif ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI yang bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. Webinar ini secara nasional sudah dibuka oleh Presiden RI yaitu Ir. Joko Widodo dan gratis untuk umum dengan mendapatkan E-Sertifikat serta Voucher e-money dari Kementrian.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyak nya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Pertanya pertama yaitu Shipa Refilina mengajukan pertanyaan kepada Narasumber pertama mengenai kejahatan di media digital semakin marak terjadi, apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari berbagai macam kejahatan tersebut? Bgaimana cara kita untuk melindungi diri dari sexual harrassement di media digital?

Pertanyaan kedua Syarifah Jihan dari yang bertanya kepada Narasumber kedua terkait jika seandainya teman kita mendapat perlakuan pelecehan seksual dan dia mulai malu dan tidak semangat hidup lagi hanya menyendiri di rumah, dan bahkan hendak mengakhiri hidupnya. Apa tindakan kita sebagai teman dekatnya agar dia bisa kembali semnagat lagi?

Pertanyaan ketiga dari Grace Natalia Sormin yang bertanya kepada Narasumber ketiga yaitu mengenai pengubahan suatu gambar atau video korban kadang tidak dirasakan dan bahkan menjadi bahan candaan di internet, hingga bentuk pelecehan semakin serius. Menurut bapak bagaimana cara untuk mencegah kasus seperti ini?

Pertanyaan terakhir dari Yuslina ditujukan kepada narasumber keempat terkait para pelaku dari kekerasan seksual yang cenderung iseng untuk melakukan hal tersebut dan merasa tidak bersalah bahkan lupa dengan apa yang telah mereka lakukan. Bagaimana langkah atau cara yang dapat kita lakukan untuk membuat orang itu sadar serta pendekatan psikologis apa yang dapat dilakukan untuk mengedukasi pelaku?

Pada webinar kali ini jumlah keseluruahan peserta adalah 781 peserta dan webinar ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Diskominfo yang diselenggarakan di kabupaten Bangka selama 7 bulan dari bulan Mei sd Desember 2021 dan berharap masyarakat dapat mengikuti webinar-webinar yang akan datang dengan tema yang menarik dan narasumber yang hebat dan kompeten di bidang nya. (**)