Camping Ground Tikus Emas

Pansus DPRD Bangka Belitung Terkait Arsitektur Khas Serumpun Sebalai, Ditargetkan Rampung Akhir Bulan September 2021

06, September 2021 - 03:17 PM
Reporter : adithan
Ketua Pansus DPRD Bangka Belitung Terkait Arsitektur Bangunan Khas Serumpun Sebalai, Mansah
Ketua Pansus DPRD Bangka Belitung Terkait Arsitektur Bangunan Khas Serumpun Sebalai, Mansah

BANGKA BELITUNG TERKINI - PANGKALPINANG - Pansus DPRD Bangka Belitung terkait arsitektur khas Serumpun Sebalai, targetkan akan rampung pada akhir bulan September 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pansus DPRD Bangka Belitung, Mansah disela - sela rapat Pansus terkait Arsitektur Khas Serumpun Sebalai, Senin (06/09/2021).

" Hari ini banyak sekali masukkan dan informasi saat rapat, terutama dari lembaga adat Melayu Serumpun Sebalai. Insya Allah kita akan mendekati finishing yakni tanggal 23 September 2021 ini, melalui masukan ini akan ada draf Perda yang mungkin akan kita rombak ataupun judulnya bisa diubah. Tapi akan kita gali terus sampai benar - benar mendapatkan arsitektur khas Serumpun Sebalai," ungkap Mansah.

Dijelaskan Mansah, ada beberapa poin yang difokuskan sebelum menentukan ornamen ciri khas bangunan Serumpun Sebalai, yakni pihaknya akan mencoba bentuk tudung saji sebagai ornamen penting dalam bangun ini. " Selain tudung saji, juga banyak masukan terkait lisplang. Tetap akan kita akomodir nantinya, jika lisplang ini memang memiliki akar budaya yang melekat khas Serumpun Sebalai," terangnya.

Tidak hanya itu, dijelaskan lagi oleh Mansah dalam penyusunan Perda ini pihaknya mendapatkan informasi dengan mengenal 4 budaya, yakni Melayu, Tionghoa, Eropa dan Indis.

" Jadi bukan hanya melayu saja, tetapi kita juga dipengaruhi oleh arsitektur budaya Eropa, kemudian Cina dan juga Indis. Setelah pra kemerdekaan banyak bangunan yang muncul untuk membentuk budaya di Serumpun Sebalai," ucapnya.

" Makanya nanti dalam Perda kita tidak memunculkan budaya Melayu nya saja, tetapi Serumpun Sebalai artinya rumah untuk bermacam budaya yang pernah hadir di Bangka Belitung," pungkasnya. (AsF)