Camping Ground Tikus Emas

Pemprov Babel Siap Berkerja Sama dengan PWI Babel

05, July 2022 - 02:49 PM
Reporter : Dion (Atok)
Foto : Pelantikan PWI Babel
Foto : Pelantikan PWI Babel


PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) Naziarto, mengajak seluruh insan pers di Babel agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan dalam pembagunan bangsa dan negara sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan dan kode etik jurnalis demi citra, kredibilitas, dan integritas wartawan dan PWI.

Hal itu disampaikan Sekda Naziarto dalam sambutan acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prov. Kep. Babel periode 2022-2027, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, di Hotel Fox Haris Pangkalpinang, Senin (04/07/22).

Menurut Sekda Naziarto, keberadaan PWI sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan di bawah naungan PWI adalah wartawan profesional dan memahami kode etik jurnalistik, sehingga watawan yang bernaung di bawah PWI benar-benar wartawan berkompeten dan profesional dan di lindungi oleh undang-undang dan dewan pers.

"Wartawan zaman sekarang lebih hebat bila di bandingkan wartawan zaman dahulu, wawancara sedikit, tetapi tulisannya luar biasa di media _online,"_ ujarnya.

Oleh sebab itu, tugas wartawan adalah sebagai motivator, sebagai inovator dan sebagai komunikator. 

Dalam kesempatan ini, dirinya memberikan apresiasi untuk Program PWI Babel yang mencanangkan rehabilitasi lingkungan dengan menanam berbagai jenis pohon untuk pelestarian lingkungan di Kep. Babel. Hal seperti ini dapat mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah dalam menjaga lingkungan.

"PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta membina kepada wartawan sehingga mereka memahami tentang aturan undang-undang pers dan kode etik jurnalistik untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi, dan mendidik dalam menyongsong industri disrupsi  dan di era milenial," ujarnya.

Sekda Naziarto menilai, wartawan di Kep. Babel dapat diajak kerja sama dan memiliki kecerdasan serta profesional di dalam menjalankan tugas jurnalistik.

"Ke depan, pers harus betul-betul menjiwai profesi yang diemban, karena pers adalah tugas mulia," katanya. 

Menurutnya, seorang jurnalis harus cerdas karena  apa yang dilihat di tengah masyarakat dapat dituangkan dalam bentuk tulisan untuk di sampaikan kepada publik berupa informasi. Selain itu, wartawan harus memiliki hati nurani dalam menulis berita, sehingga informasi yang di sampaikan tersebut harus sesuai dengan kenyataan.

Oleh sebab itu, dengan di lantiknya kepengurusan PWI Kep. Babel ini dirinya mengucapkan selamat dan Pemprov. Babel siap berkerja sama dengan PWI Kep. Babel dalam hal meningkatkan informasi dan komunikasi, baik dalam pembangunan maupun di bidang lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari merasa bangga atas kecerdasan yang dimiliki PWI Kep. Babel, sehingga dapat mencerdaskan anak bangsa.

"Kalau semua cerdas, maka kemajuan tinggal menunggu waktu, untuk itu wartawan harus cerdas, berkualitas, dan produktif," ungkapnya.

Selain itu, Atal juga bangga dengan PWI Kep. Babel, karena sangat mencintai lingkungan, apalagi Kep. Babel sebagai daerah tambang.

"Jadi wartawan tidak hanya menulis,tetapi harus ada _action_ yang dapat memotivasi masyarakat untuk berbuat kebajikan," tegasnya.

Sementara ketua PWI Kep. Babel yang baru dilantik M. Faturrahman mengatakan, salah satu program strategis PWI pada periode 2022-2023 berupa program perbaikan lingkungan.

"Kami mendukung program pemerintah dalam reboisasi hutan _mangrove_ dan lahan pasca tambang timah," tegasnya.

Dengan program ini, Fatur berharap dapat membantu pemerintah daerah dalam memperbaiki kerusakan lingkungan di Kep. Babel. (*)

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang