Camping Ground Tikus Emas

Imam Soehadi : Masyarakat Harus Fokus Pada Komoditi

19, January 2023 - 04:34 PM
Reporter : adithan
Plt Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi
Plt Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi

BANGKA TERKINI, BANGKA TENGAH --- Pembudidaya ikan air tawar harus fokus pada komiditi yang ada, hal ini karena dengan Budidaya ikan air tawar bisa menjadi salah satu penghasilan penopang ekonomi keluarga, apabila masyarakat fokus serta terus meningkatkan keterampilannya serta kemampuannya.

Plt. Dinas Perikanan Bangka Tengah Imam Soehadi menyampaikan kita punya program rutin yang setiap tahunnya yang akan kita selenggarakan untuk memberikan pembinaan serta penyuluhan bagi para pembudidaya ikan air tawar.

"Dan kita akan terus meningkatkan SDMnya, baik secara pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya," ungkapnya.

Budidaya ikan air tawar ini cenderung stabil dan juga bisa menjadi penopang ekonomi keluarga asal masyarakat fokus pada komoditinya.

" Misalnya budidaya ikan nila maka fokus saja, jangan sampai lagi musim tanam cabai lalu ikut"an dan terbengkalai budidaya ikan kita," jelasnya.

Perlu kita ketahui, budidaya ikan air tawar sebenarnya lebih enak dan menjanjikan apabila kita fokus pada apa yang kita kerjakan.

"manfaatkan sebaik mungkin komoditi yang telah ada karena jika hal tersebut dilakukan dengan konsistensi yang baik, maka perkembangan juga akan tetap terjaga dan sukses sebagai penopang ekonomi keluarga," ujar Imam Soehadi.

perlu diperhatikan juga adalah ada banyak segment yang menjadi acuan konsistensi masyarakat khususnya para pembudidaya diantaranya pembenihan, pendederan dan juga pembesaran. 

"Banyak orang bilang, kalo sudah pembenihan gak akan besar, maka dari itu harus fokus, karena jika pembudidaya mainnya dipembesaran maka ketika masuk ke pembenihan berbeda lagi," tandasnya (BOM)