Camping Ground Tikus Emas

Pertama di Bangka Belitung 'Posikandu' Cuma ada di Bangka Tengah

17, January 2023 - 09:02 PM
Reporter : adithan
Pertama di Bangka Belitung 'Posikandu' Cuma ada di Bangka Tengah
Pertama di Bangka Belitung 'Posikandu' Cuma ada di Bangka Tengah

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI - Terobosan terbaru selalu di hadirkan oleh Kabupaten Bangka Tengah, yang mana kali ini merupakan pelayanan bagi masyarakat.

Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan Bangka Tengah melakukan terobosan yaitu dibangunnya Pos Kesehatan Ikan Terpadu (Posikandu) dan ini yang pertama di Provinsi Bangka Belitung.

Plt Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi menyampaikan Posikandu ini menjadi salah satu contoh pelayanan publik dalam rangka meningkatkan produktivitas perikanan.

"Posikandu dimaksudkan sebagai tempat laboratorium sekaligus pengembangan dan pelayanan dalam rangka mendukung kesehatan ikan dan lingkungannya yang ada di Bangka Tengah," ungkapnya, Selasa (17/01/2023).

Posikandu ini juga, kata Imam dapat menjadi tempat pengujian dan pemantauan terhadap kualitas air, dan juga dapat melakukan pemeriksaan terhadap ikan ataupun udang yang sakit.

"Serta Posikandu ini merupakan pertama kali ada di Provinsi Bangka Belitung yang dibangun pada tahun 2022 lalu," ujar Imam Soehadi 

Dijelaskannya, Posikandu ini juga mempunyai 7 bentuk pelayanan yang dapat dilakukan. 

"Pembinaan dan pemantauan hama penyakit ikan dan lingkungan, Pemeriksaan kualitas perairan budidaya (insitu dan laboratorium), Pemeriksaan dan atau diagnosa penyakit ikan (klinis dan laboratoris), Pemeriksaan residu parameter tertentu, Konsultasi Kesehatan Ikan dan Lingkungan, Vaksinasi ikan serta Penyediaan Obat Ikan terdaftar," jelasnya.

Untuk kedepannya, kata Imam pihaknya (Dinas Perikanan) akan mengupayakan pelayanan di Posikandu tersebut, bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

"Untuk masyarakat pembudidaya ikan skala kecil kami upayakan gratis sebagai bentuk pelayanan prima, tepat waktu, tepat sasaran, dan mudah dijangkau," pungkasnya. (BOM)