Camping Ground Tikus Emas

Suryansah ; ODF di Bangka Tengah Harus Tuntas

12, January 2023 - 03:33 PM
Reporter : adithan

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI - Forum Selawang Segantang Sehat (FSSS) Bangka Tengah bergerak cepat untuk menyelesaikan permasalahan Open Defecation Free (ODF) di Desa Desa se Bangka Tengah dengan menggelar rapat rencana kerja di aula Dinas Kesehatan  Bangka Tengah, rabu (11/01/2023).

Ketua FSSS Bangka Tengah Suryansah menyampaikan, bahwa hari ini kita bersama dengan Dinas Kesehatan dan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Bangka Tengah melaksanakan kegiatan Rencana Kerja.

"Rencana kerja ini kita susun untuk sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan ODF di Bangka Tengah," ungkapnya.

Yang mana kita ketahui permasalahan ODF/ Buang Air Besar sembarangan ini cukup tinggi angkanya di Bangka Tengah, terutama di Kecamatan Koba Desa Kurau dan Kecamatan Sungaiselan Desa Tanjung Pura dan Kelurahan Sungaiselan.

"Hal ini di sebabkan karena mereka tinggal di daerah pesisir pantai jadi pola hidup menjadi kurang sehat dan ini perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat," jelasnya.

Ada beberapa Desa yang menjadi fokus pembangunan tempat jamban ini, Kelurahan Simpang Perlang, Desa Nibung, Desa Perlang (Dusun Nadi dan Sadap), Desa Sungkap, Desa Kebintik, dan Desa Penyak.

" Memang ada beberapa daerah pesisir yang harus menggunakan Teknologi Tepat Guna( TTG) jadi kalau daerah pesisir ini pihak Dinkes Bangka Tengah sudah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian PUPR," ungkap Suryansah.

Pihaknya juga akan berkoordinasi ke Baznas Bangka Tengah, karena kemarin mereka menyanggupi untuk membangun sebanyak 50 unit jamban, tetapi nanti akan di konfirmasi ulang dan tentunya ada beberapa persyaratan juga.

"Harapannya 6 bulan kedepan ini sudah ada pembangunan jamban yang menjadi fokus di Desa Desa tersebut serta kesadaran masyarakat untuk hidup sehat semakin tinggi," tandasnya