Camping Ground Tikus Emas

Sebanyak 63 Anggota PKD Resmi dilantik, ini Pesan Bupati Bangka Tengah

06, February 2023 - 04:30 PM
Reporter : adithan
Sebanyak 63 Anggota PKD Resmi dilantik, ini Pesan Bupati Bangka Tengah
Sebanyak 63 Anggota PKD Resmi dilantik, ini Pesan Bupati Bangka Tengah

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Tengah melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) melantik sebanyak 63 orang Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam rangka Pengawasan menjelang pemilu serentak tahun 2024.

Pelantikan tersebut bertempat di Sol Marina Kecamatan Pangkalan Baru, Senin (06/02/2023).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman saat berkesempatan hadir menyampaikan, suksesnya pesta demokrasi juga bagian dari suksesnya penyelenggara dalam menjaga marwah demokrasi.

" PKD itu ujung tombak pengawasan dalam pesta demokrasi, maka jaga integritas dan bekerja dengan profesional dalam menciptakan pemilu bermartabat," ungkapnya.

Bupati berpesan agar PKD  dapat bekerja dengan baik sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dapat bekerja secara profesional dan bersikap netral dalam mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024.

"Mereka yang dipilih sudah melalui proses penyeleksian yang sangat ketat, tentu mereka sudah siap mengawal pesta demokrasi sesuai dengan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," tandas Bupati.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto mengatakan, minat untuk jadi anggota PKD Pemilu 2024 sangat tinggi, dimana jumlah pelamar mencapai 225 orang atau meningkat dibanding sebelumnya yang hanya 140 orang.

"63 anggota PKD yang dilantik sesuai dengan jumlah kelurahan dan desa yaitu satu orang setiap desa/kelurahan," jelasnya.

Dari 63 anggota PKD yang dilantik itu, tercatat sebanyak 28 orang wajah baru dan sebanyak 19 orang keterwakilan perempuan atau sebesar 30,16 persen dari total kebutuhan.

"Setelah melalui serangkaian proses seleksi, maka pihak Bawaslu Bangka Tengah berhasil memilih 63 orang sebagai anggota PKD," tutup Robianto. (BOM)