Camping Ground Tikus Emas

Menteri Desa RI Hadiri Pesta Adat Murok Jerami Desa Namang 2024

30, April 2024 - 10:49 AM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI - Pesta Adat Murok Jerami Suku Mengkanau Urang Namang sekaligus Peresmian Restoran Pelawan Namang berlangsung khidmat dari penyambutannya hingga berakhirnya acara, di Persawahan Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Senin (30/4/2023).

Kegiatan kali ini juga dihadiri langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar M.Pd beserta rombongan, PJ Gubernur Bangka Belitung Dr. Safrizal Zakaria Ali, M.Si, dan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T, M.Pd, serta jajaran Forkopimda Bangka Tengah.

Para tamu undangan disambut langsung ratusan siswa-siswi dengan teriakannya selamat datang di sepanjang ruas jalan menuju tempat acara serta dengan tarian sambutnya Adat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar menyampaikan terimakasih atas sambutannya yang luar biasa, bisa hadir langsung ke Desa Wisata Namang ini.

"Dana desa boleh dipakai untuk apapun, kecuali yang dilarang. Presiden membagikan dua hal yakni pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDMnya, jadi silahkan boleh dipake untuk apa aja asalkan sesuai atau yang dilarang" ujarnya.

Menteri Desa juga mengapresiasi kepada Kepala Desa Namang yang luar biasa, yang terus memberikan investasi sosial yang sangat tinggi.

"Pak Kepala Desa Namang ini sudah berkali-kali ke luar kota, mengisi dan menghadiri beberapa kegiatan salah satunya kegiatan lintas negara asean," terangnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menyampaikan rasa hormat dan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran bapak menteri desa PDTT RI beserta rombongan ke Desa Namang, dan insyaallah setelah ini juga akan ke Desa Air Mesu.

"Tradisi Murok Jerami adalah momen yang penuh dengan makna, yang hanya tidak menjadi bentuk syukur tetapi juga memperkuat ikatan antar masyarakat setempat," ucapnya.

"Tradisi ini salah satu contoh yang indah bagaimana masyarakat dapat menjaga dan memperkaya budaya mereka, mudah-mudahan tradisi ini bisa terus terjaga. Dan Tentunya Desa Wisata Namang ini bisa semakin dikenal," jelas Algafry.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Namang, Zaiwan mengatakan Pesta Adat Murok Jerami Suku Mengkanau Urang Namang ini merupakan wujud rasa syukur atas hasil panen padi yang diperoleh oleh para petani.

"Tradisi ini sudah turun menurun dilakukan oleh masyarakat desa Namang, tidak lain tujuannya adalah untuk memperkuat ikatan antar generasi dan menunjukkan kearifan lokal khususnya Desa Namang," ucapnya 

Zaiwan juga sangat berterimakasih dan begitu bangga, karena Pesta Adat Murok Jerami yang dilakukan tahun bisa dihadiri langsung oleh Menteri Desa.

"Alhamdulillah, terima kasih banyak pak menteri serta jajarannya yang telah berkenan hadir di Desa Namang, tentunya kegiatan pesta adat ini akan selalu kita laksanakan tiap tahunnya, mudah-mudahan juga panen padi masyarakat bisa lebih banyak dan memberikan dampak ekonomi kepada warga kita lainnya," imbuhnya. (Rp)