Camping Ground Tikus Emas

Sejarah Rumah Baca Pongok oleh Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN)

09, April 2018 - 11:00 PM
Reporter : adithan
" Gagasan Program Rumah Baca Seperadik Pongok " oleh Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN).
" Gagasan Program Rumah Baca Seperadik Pongok " oleh Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN).

Bangkaterkini.com, Lepar Pongok --- Kapal Pemuda Nusantara (KPN) adalah salah satu program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam upaya memberi pencerahan kembali bagi para pemuda Indonesia, tentang betapa potensialnya nilai – nilai dunia bahari jika diberdayakan lebih optimal dan serius dengan mengikursertakan para pemuda berlayar ke beberapa pulau di Indonesia.

Beranjak dari rasa hutang budi atas fasilitas yang dinikmati selama program, tercetuslah gagasan untuk membuat sebuah social project yang masih beraroma kelautan. " Gagasan Program Rumah Baca Seperadik Pongok " oleh Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) pertama kali tahun 2013.

" Tetapi karena kesibukan alumni KPN dan hal lainnya, pada tahun 2015 baru lah kami bisa melakukan survey ke Pulau Pongok, untuk melihat kondisi di sana, sekaligus meminta izin kepada Kepala Desa setempat serta meminta bantuan disediakan tempat untuk rumah baca nantinya " Ungkap Annisa Ketua Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara Dewan Perwakilan Daerah Bangka Belitung, kepada Bangkaterkini.com, Senin (09/04/2018).

" Dan selama satu tahun berikutnya kami melakukan berbagai persiapan mulai dari mencari donator, menyebarkan proposal, mengolah buku yang akan ditempatkan di Rumah Baca Seperadik Pongok " Tambahnya.

Lanjutnya mengatakan, Persiapan ini bukanlah hal yang mudah. Menyatukan para alumni untuk bergerak bersama dan merekrut volunteer menjadi warna warni tersendiri dalam persiapan ini.

" Kegiatan utama Program Seperadik Pongok adalah membangun Rumah Baca Pongok (Rubapo), yang dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Pongok (08/04/2017) silam" Jelasnya.

Berbagai kegiatan pun diadakan untuk menandai pembukaan Rubapo secara resmi, seperti mengadakan lomba untuk adik - adik di Pulau Pongok dan Celagen juga kelas inspirasi.

" Pada peresmian ini KAKPN bekerjasama dengan KKN STAIN SAS Babel dalam mengadakan beberapa acara " Tutupnya.