Camping Ground Tikus Emas

5 lokasi wisata di Bangka yang wajib dikunjungi

31, May 2018 - 11:46 PM
Reporter : Bang Kini
5 wisata bangka
BATU BELIMBING, BANGKA BARAT
Danau Kaolin
Hutan Mangrove
5 wisata bangka

Bangka Terkini -- Negara Indonesia ialah Negara Kepulauan dan Bangka adalah salah satu dari pulau tersebut. Pulau Bangka tergolong ke dalam distrik Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kebanyakan orang yang belum pernah berlibur kesana berpikiran bahwa Bangka tersebut sama saja dengan Belitung atau Belitung tersebut sama saja dengan Bangka sebenarnya kedua pulau itu bertolak belakang walau dalam satu propinsi yang sama. Keduanya punya pesona masing-masing yang sayang guna dilewatkan.

Pulau Bangka tidak melulu terkenal dengan martabaknya tetapi ternyata Bangka memiliki tidak sedikit sekali tempat tujuan wisata. Bagi berwisata ke Bangka maka semua wisatawan dari luar Bangka yang memakai transportasi udara dengan pesawat terbang mesti memilih rute tujuannya ke Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang dan untuk wisatawan yang memakai transportasi laut bisa menyebrang dengan kapal mengarah ke pelabuhan yang ada di Bangka. Dua pelabuhan utama di Pulau Bangka, yakni Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Pangkal Balam.

Berikut 5 lokasi wisata di Bangka yang wajib guna dikunjungi:

DANAU KAOLIN, BANGKA TENGAH

Danau Kaolin yang merupakan telaga bekas galian tambang kaolin ternyata tidak melulu ada di Pulau Belitung melainkan pun ada di Pulau Bangka tepatnya di Desa Nibung, Bangka Tengah.

5 Tempat Wisata Di Bangka Yang Wajib Dikunjungi-Bangka Belitung-Top Five or Top Ten-chachacillas
Danau Kaolin ini mempunyai dua warna air telaga yang terpisah yakni warna biru dan warna hijau. Saat sedang berangjangsana kesana, air telaga yang berwarna hijau sedang surut padahal andai kapasitas airnya sama dengan yang berwarna biru maka bakal lebih bagus lagi guna difoto. Meski begitu, pemandangan air telaga berwarna biru yang membentang estetis berpadu dengan tanah kaolinnya yang berwarna putih saja sudah paling memuaskan pemandangan mata seolah saya sedang sedang di luar negeri.

Di lokasi ini juga diciptakan jalur guna lintasan sepeda sampai-sampai kalian dapat bersepeda seraya mengelilingi telaga kaolin ini. Para pengunjung bebas terbit masuk lokasi ini secara cuma-cuma karena tidak adanya loket pembayaran dan kelihatannya belum menjadi lokasi wisata yang dikomersialkan. Para pengunjung pun usahakan hati-hati ketika sedang berlangsung atau mengambil potret karena tanah kaolin ini rawan longsor.


HUTAN MANGROVE KURAU BARAT, BANGKA TENGAH

Kawasan Hutan Mangrove Kurau Barat di Bangka Tengah ini lumayan luas guna dijelajahi. Tempat ini masih baru dikembangkan sampai-sampai ada sejumlah area yang masih butuh penanganan. Ada dua jalur bertolak belakang untuk mengarah ke tempat ini dapat melewati jalur darat dengan berlangsung kaki sekitar 15 menit atau melewati jalur air dengan memakai perahu klotok selama 30 menit.

5 Tempat Wisata Di Bangka Yang Wajib Dikunjungi-Bangka Belitung-Top Five or Top Ten-chachacillas
Terdapat sejumlah jenis burung di area Hutan Mangrove ini, selain tersebut juga ada budidaya kepiting dan udang serta untuk pengunjung yang kegemaran memancing juga diizinkan untuk memancing sebab ada sekian banyak jenis ikan air tawar dan air laut di dalamnya.

Di lokasi ini pun sudah disediakan kemudahan seperti pondok atau lokasi tinggal panggung untuk lokasi peristirahatan semua pengunjung, lokasi untuk ibadah, lokasi outbound dan toilet umum sehingga anda tidak perlu cemas mengenai hal-hal tersebut.

Hal yang unik dari lokasi ini pun disediakan tidak sedikit sekali spot lucu guna berswafoto yang menciptakan saya dan teman-teman merasa kerasan sekali berada di lokasi ini. Kawasan Hutan Mangrove Kurau Barat ini pun salah satu lokasi wisata yang bisa dinikmati secara cuma-cuma dengan turut mengawal lingkungan disekitarnya.


BATU BELIMBING, BANGKA BARAT

Batu menarik ini disebut Batu Belimbing oleh masyarakat sekitar sebab bentuknya yang serupa dengan buah Belimbing. Batu Belimbing tercipta sebab adanya gejala alam. Batu ini adalahgugusan batu granit yang terbentuk dampak pembekuan magma yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Bentuk motif garis-garis pada batuan tersebut diakibatkan karena adanya pengikisan oleh air hujan yang terjadi terus menerus semenjak ratusan tahun lalu sampai-sampai terbentuk irisan pada batu yang menyerupai format buah Belimbing.

5 Tempat Wisata Di Bangka Yang Wajib Dikunjungi-Bangka Belitung-Top Five or Top Ten-chachacillas
Batu Belimbing di Pulau Bangka ada di dua lokasi yaitu di Toboali Bangka Selatan dan Parit Tiga Bangka Barat. Batu Belimbing yang saya kunjungi ini terletak di Desa Jebu Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat. Batu Belimbing disini mempunyai ukuran lebih banyak dengan Batu Belimbing yang sedang di Bangka Selatan dan dua-duanya mempunyai perbedaan format batunya masing-masing. Jika kalian mempunyai waktu yang lebih maka kalian dapat mengunjungi kedua lokasi dimana Batu Belimbing ini berada.

Untuk mengarah ke ke lokasi ini kamu bisa memakai kendaraan individu seperti motor atau mobil. Tempat wisata ini tidak dipungut ongkos maka dari tersebut kita mesti menjaga kesucian saat berkunjung.


PULAU KETAWAI, BANGKA TENGAH

Suasana yang paling menenangkan andai sedang berada di suatu pulau ditengah laut, berada di lokasi yang paling jauh dari hingar bingar kota. Kalau di luar negeri terdapat Pulau Hawai maka di Indonesia terdapat Pulau Ketawai, suatu pulau kecil yang mempunyai sejuta keindahan. Pulau ini pun sudah pernah menjadi tuan lokasi tinggal SAIL Indonesia 2017 yang mana tidak sedikit turis Internasional merasa nyaman dan kagum bakal budidaya terumbu karang dan tukik.

5 Tempat Wisata Di Bangka Yang Wajib Dikunjungi-Bangka Belitung-Top Five or Top Ten-chachacillas
Untuk mengarah ke Pulau Ketawai kamu harus menyebrang memakai kapal dari dermaga, disarankan untuk pergi dalam rombongan supaya biaya sewa kapal menjadi lebih murah. Perjalanan dari dermaga sampai Pulau Ketawai memakan waktu selama 2 jam. Setibanya di Pulau Ketawai kamu akan menyaksikan tulisan KETAWAI yang begitu besar untuk mengindikasikan bahwa kamu memang sedang sedang di Pulau Ketawai, Bangka Tengah.

Rasanya sangat mengasyikkan saat berada disini, istirahat di dalam tenda, bersantai di atas hammock, berkeliling pulau di malam hari, berlari-larian di pinggir pantai, merasakan air kelapa langsung dari pohonnya, bermain air bareng teman-teman, mengerjakan snorkling bareng dan tidak sedikit kegiatan mengasyikkan lainnya yang dapat dilakukan disana bareng teman-teman.

Pulau Ketawai pun mempunyai keindahan terumbu karang dan biota laut sehingga paling disarankan untuk para pengunjung guna melakukan pekerjaan snorkling/diving namun harus diingat supaya tetap mengawal keindahan itu dengan tidak merusaknya khususnya dengan tidak memasuki terumbu karang. Bagi snorkling/diving kalian mesti mencarter kapal dan guide serta mencarter peralatan guna snorkling/diving namun andai kalian telah mempunyai alat sendiri bisa membawanya langsung.

Di Pulau ini kalian tidak butuh terlalu cemas dengan kehilangan sinyal hp sebab disini ada sejumlah jaringan yang menemukan sinyal sampai-sampai masih dapat terhubung dengan internet. Kalian pun tidak butuh khawatir andai baterai hp/kamera kalian berakhir karena disini pun disediakan lokasi untuk men-charger cuma-cuma namun kalian mesti mengawal barang kalian sendiri yang sedang kalian charger supaya tidak terjadi kehilangan dan guna men-charger terdapat jam-jam tertentu yaitu saat genset sedang dikobarkan di waktu senja hari sampai pukul 10 malam. Selain tersebut juga disediakan kemudahan umum lainnya laksana pondokan guna istirahat, lokasi untuk sholat, lokasi untuk bilas/mandi, dan lokasi untuk buang air.


PANTAI SIANGAU, BANGKA BARAT

Pantai untuk kebanyakan orang tentu selalu masuk dalam susunan tempat wisata yang wajib guna dikunjungi sebab pantai tersebut punya daya magis tersendiri guna memikat hati seluruh orang. Jika berkata soal pantai maka Pulau Bangka termasuk lokasi yang tepat guna kalian berlibur sebab Bangka memiliki tidak sedikit pantai dan di antara pantainya yang paling indah ialah Pantai Siangau di Bangka Barat.

5 Tempat Wisata Di Bangka Yang Wajib Dikunjungi-Bangka Belitung-Top Five or Top Ten-chachacillas
Pantai Siangau di Bangka ini nyaris sama dengan pantai yang sedang di Belitung yakni terdapat tidak sedikit batu-batu granit besar disekitarnya mungkin sebab mereka masih berada dalam satu distrik propinsi yang sama. Saya tidak jarang kali merasa takjub masing-masing kali bertemu dengan pantai, tidak jarang kali ada ketenangan dan kedamaian ketika berada di pantai.

Di pantai ini kalian dapat memilih beristirahat di saung-saung yang disediakan atau kalian dapat mendirikan tenda. Kalian juga dapat naik ke atas batu-batu besar guna dapat menyaksikan indahnya pemandangan Pantai Siangau secara leluasa dan bisa mengambil potret diatas batu besar tersebut.

Perjalanan dari Bandara di Pangkal Pinang mengarah ke tempat ini selama 2-3 jam dengan memakai kendaraan mobil pribadi. Jalanan mengarah ke tempat ini telah beraspal. Bagi masuk area ini tidak dipungut ongkos maka sebagai pengunjung yang baik kita pun harus menjaga kesucian di lokasi ini supaya tidak melulu kita yang dapat merasakan indahnya Pantai Siangau tapi pun pengunjung lainnya.


Untuk berlibur dengan masa-masa yang terbatas maka kalian mesti banget untuk mendatangi 5 lokasi ini, namun andai kalian mempunyai waktu liburan yang paling panjang maka di samping 5 lokasi ini kalian masih bisa berangjangsana ke tujuan lainnya yang terdapat di Pulau Bangka ini sebab masih tidak sedikit sekali lokasi yang dapat kalian nikmati di Pulau Bangka.

Berita Terkait
Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang