9 Perangkat Xiaomi yang Membuat Semua Urusan di Rumah Kian Praktis

Saputra
9 Perangkat Xiaomi yang Membuat Semua Urusan di Rumah Kian Praktis
Apakah kamu berniat untuk membuat rumah pintar dengan deretan produk Xiaomi?

XMemiliki sebuah hunian yang nyaman serta aman adalah impian semua orang. Dan di era di mana teknologi telah mengambil peranan di berbagai aspek dalam kehidupan manusia, hunian juga tidak ketinggalan mendapatkan manfaat peranan teknologi ini — menjadikan “rumah pintar” sebuah produk yang cukup dinikmati.

Dengan bantuan teknologi, kini kamu dapat memegang kendali penuh atas rumahmu. Kamu ingin menyalakan lampu tanpa perlu menekan saklar? Atau ingin memantau keadaan kamar si kecil? Semuanya dapat dengan mudah kamu lakukan dengan mengintegrasikan beberapa perangkat rumah pintar ini. Sayangnya, beberapa dari perangkat ini masih terbilang mahal dan sulit pengoperasiannya.

Berangkat dari produsen smartphone, Xiaomi melihat peluang ini dan turut serta dalam pasar rumah pintar dengan menelurkan deretan produk mereka yang akan membuat rumahmu menjadi lebih aman dan nyaman. Kini, banyak bagian dari rumahmu dapat diakses dengan mudah dan nyaman, semudah mengakses smartphone kamu.

Berikut ini adalah deretan peralatan rumah tangga Xiaomi yang akan membuat rumah kamu menjadi lebih pintar.

Xiaomi Smart Home Kit

Ingin menjadi “sultan” di rumah dengan berbagai peralatan yang serba otomatis? Xiaomi Smart Home Kit ini adalah perangkat wajib dalam membangun sebuah rumah yang pintar.

Dengan mengombinasikan beberapa komponen dari Xiaomi Smart Home Kit dengan Mi Universal Remote, Yeelight, dan Mi Smart Socket akan memungkinkan kamu untuk mengotomatisasi berbagai peralatan rumah tangga dan mengaturnya dengan aplikasi Mi Home di smartphone kamu.

Sayangnya, aplikasi resmi Mi Home di PlayStore sebagian besar fiturnya masih berbahasa Cina. Bagi pengguna Android ingin menggunakan Xiaomi Smart Home Kit dan peralatan rumah tangga pintar Xiaomi lainnya, kamu dapat mengunduh versi bahasa Inggris dari aplikasi ini di sini.

Xiomi Mi Air Purifier

Demi mendukung kualitas udara terbaik di hunian kamu, Xiaomi juga meluncurkan produk penjernih udara (air purifier) mereka sendiri yang dinamakan Mi Air Purifier. Penjernih udara ini di klaim dapat membersihkan udara dengan efektif pada ruangan dengan luas 28m2 hingga 48m2.

Tidak seperti penjernih ruangan lainnya, Mi Air Purifier juga dapat memantau kualitas udara di dalam ruangan melalui aplikasi Mi Home. Aplikasi ini akan memberikan berbagai informasi, seperti kualitas udara — jadi kamu akan mendapat pemberitahuan untuk membuka jendela ketika udara luar sedang bersih, kondisi filter udara — jadi kamu bisa menggantinya sebelum terlambat, menyalakan penjernih udara secara remote — udara segar setelah lelah bekerja untukmu, mengatur berbagai mode penggunaan, serta fitur lain yang menjadikannya lebih unggul dibanding penjernih udara lain.

Tak hanya penjernih udara, Xiaomi juga memiliki produk alat penjernih air yang dapat memurnikan air dari keran di rumahmu menjadi air yang siap diminum. Dengan sistem multi filtrasi dan reverse osmosis, Mi Water Purifier akan memompa air keran untuk masuk ke dalamnya dan dimurnikan oleh empat tahapan pembersihan yang ada di dalamnya.

Alat ini tidak membutuhkan pengetahuan khusus untuk merakit dan menggunakannya. Kamu hanya perlu menyambungkan ujung keran dengan selang filter yang disertakan dan menghidupkan filter tersebut. Dengan aplikasi Mi Home, kamu juga dapat mengetahui kualitas air dari keran yang disaring. Aplikasi tersebut juga akan memberitahu pengguna apabila sudah saatnya mengganti saringan air sebelum terlambat.

Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker 

Bahkan sebuah penanak nasi pun dapat menjadi sebuah perangkat pintar yang terhubung dengan internet. Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker adalah sebuah penanak nasi pintar yang dibuat oleh MiJia, salah satu perusahaan yang menerima investasi dari Xiaomi. Mi Induction Heating Pressure Rice Cooker ini diklaim dapat mengatur tekanan udara untuk menaikkan titik didih air ke 105 derajat celsius, menghasilkan kematangan nasi yang optimal.

Dengan menggunakan aplikasi Mi Home, kamu dapat menggunakan rice cooker ini untuk memasak sayuran dan masakan lain. Pengguna juga dapat melihat resep makanan dan cara pengolahan melalui aplikasi tersebut. Sayangnya, kami belum melihat ketersediaan produk ini di dalam negeri. Kami akan memperbarui informasinya apabila tersedia.

Xiomi Ninebot dan QiCycle

Kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik belakangan ini cukup populer. Tidak mau ketinggalan, Xiaomi juga membuat kedua kendaraan mereka yang ramah lingkungan, Ninebot dan QiCycle.

Tidak seperti self-balancing scooter atau sepeda listrik biasa, Ninebot dan QiCycle terhubung dengan aplikasi yang akan memberikan berbagai informasi terkait dengan penggunaannya seperti total jarak tempuh, baterai yg tersisa, permasalahan yang terjadi di dalam perangkat, dan berbagai pengaturan lain yang semakin mempertegas keberadaannya sebagai kendaraan pintar. Kedua kendaraan ini cocok digunakan saat kamu enggan berjalan kaki pada jarak dekat.

Sayangnya, sama seperti aplikasi resmi Mi Home, kebanyakan dari fungsi dari kedua aplikasi untuk Ninebot dan QiCycle masih berbahasa Cina. Ninebot dijual dengan banderol harga sekitar Rp5 juta-an dan QiCycle dijual pada kisaran harga Rp8 juta-an.

Xiaomi YI Home Camera

Bagi kamu yang menginginkan solusi pemantauan ruang jarak jauh, Xiaomi YI Home Camera akan mempermudahmu untuk melihat kondisi ruangan, dimanapun kapanpun. Tidak seperti kamera CCTV yang pada umumnya membutuhkan pemasangan dan konfigurasi yang menyulitkan penggunanya, YI Home Camera hanya membutuhkanmu untuk memasangnya di sudut dimana kamera ini dapat menangkap seluruh keadaan ruangan. Kamera ini dapat diakses melalui aplikasi YI Home dimanapun kamu inginkan — selama kamu masih mendapatkan internet.

Dengan dukungan microSD hingga 64 GB dan sistem kompresi video yang mendukung kompresi video hingga 40 persen, YI Home Camera juga dapat berfungsi layaknya CCTV yang merekam keadaan ruangan dengan kualitas terbaik serta rendah noise.

Kamera ini juga memiliki sejumlah fitur unik seperti Baby Crying Detection (mendeteksi bayi yang menangis di ruangan), Gesture Detection (menggunakan gestur tertentu untuk mengaktifkan kamera), dan Human Detection (Untuk mendeteksi adanya gerakan manusia dan mengirimkan notifikasi ke smartphone pengguna) — yang menjadikan perangkat ini salah satu yang harus ada dalam rumah pintar kamu.

Mi TV

Memiliki sebuah TV bukanlah sebuah hal yang mewah di hampir sebagian besar keluarga. Tetapi memiliki TV pintar yang mampu berfungsi layaknya sebuah komputer, ini yang luar biasa. Xiaomi kini hadir di ranah televisi pintar (Smart TV) dengan produk mereka, Mi TV. Walau televisi pintar Xiaomi ini bukan yang pertama di ranah televisi pintar, tetapi produk mereka yang satu ini layak disorot.

Dengan mengintegrasikan perangkat Android ke dalam Mi TV, Xiaomi menjadikan sebuah televisi menjadi pusat hiburan dengan segudang fitur yang dapat dimanfaatkan oleh user, seperti memutar konten streaming, bermain game Android, menonton tayangan berformat tiga dimensi, serta fitur Bluetooth 4.0 yang memungkinkan kamu untuk menggunakan headphonedan/atau kontroler untuk menikmati konten hiburan dengan leluasa.

Mi Box

Kamu sudah puas dengan televisimu yang sekarang tetapi ingin menyematkan fungsi smart TV ke dalamnya? Biarkan Mi Box melakukan hal tersebut. Mi Box adalah set-top box Android yang mendukung 4K, 60 fps frame rate, video HDR (bila televisi mendukung), dan voice command via Bluetooth remote.

Mi Box juga dapat digunakan sebagai konsol untuk bermain game Android favoritmu. Dengan menyematkan kontroler atau menyambungkannya via Bluetooth ke Mi Box, kamu dapat langsung bermain game Android di layar TV yang besar. Selain itu, Mi Box juga dilengkapi dengan Dolby Digital Plus dan DTS Multichannel HD yang akan menambah keseruanmu saat menikmati konten.

Mi Robot Vacuum

Perangkat ini adalah salah satu favorit saya, Robot penyedot debu dari Xiaomi. Dengan Mi Robot Vacuum, pekerjaan membersihkan lantai dari debu menjadi lebih menyenangkan. Di dalamnya terdapat penyedot debu bertekanan tinggi untuk dapat membersihkan lantai dengan optimal. Selain itu, Mi Robot Vacuum juga dilengkap dengan baterai berkapasitas 5200mAh. Sebagai “perangkat pintar”, robot penyedot debu ini juga dapat dikendalikan lewat smartphone kamu melalui aplikasi Mi Home.

Ide seperti ini bukanlah ide yang baru. Mi Robot Vacuum sepertinya terinspirasi dari Roomba, produk serupa yang telah beredar di pasar sebelumnya. Walau begitu, harganya yang selangit serta ketiadaan unit yang dijual di Indonesia menjadikan Roomba kurang dilirik. Di sisi lain, Mi Robot Vacuum dibanderol dengan harga hampir setengahnya, dengan fitur yang hampir serupa dengan Roomba. Inilah yang menjadi alasan bahwa perangkat ini cukup menarik untuk dilirik.

Mi Smart Scale

Timbangan badan biasanya hanya dipakai untuk mengukur berat badan, tetapi timbangan yang satu ini juga mampu untuk mengukur BMI (Body Mass Index) dan progres latihanmu. Mi Smart Scale adalah sebuah timbangan pintar yang dibuat oleh Huami, salah satu perusahaan tempat Xiaomi berinvestasi. Timbangan ini di klaim mampu mengukur berat badan mulai 5kg sampai dengan 150kg dengan tingkat presisi hingga 50g.

Dikombinasikan dengan aplikasi Mi Home, Mi Fit dan perangkat Mi Band, pengguna timbangan dapat mencatat status berat badan serta BMI mereka. Dengan dukungan koneksi Bluetooth 4.0, timbangan pintar ini kompatibel dengan sistem operasi Android dan iOS. Selain itu, timbangan pintar ini juga dilengkapi empat buah baterai yang dapat bertahan hingga satu tahun penggunaan.

Saputra
Vaksinasi di Desa Nibung Bangka Tengah Melebihi Target
Bangka Tengah

Vaksinasi di Desa Nibung Bangka Tengah Melebihi Target

PENULIS ILHAM FEBRY, BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA,

Grand Opening Rumah Sunat al-Fatih, Molen 'Semoga Amanah'
Pangkalpinang

Grand Opening Rumah Sunat al-Fatih, Molen 'Semoga Amanah'

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Rumah Sunat Al-Fatih Pangkalpinang, resmi,

Resmi Dimulai, 18 Tim Ikuti Liga Futsal Pangkalpinang 2019
Berita Bangka

Resmi Dimulai, 18 Tim Ikuti Liga Futsal Pangkalpinang 2019

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Resmi,

Selain DPRD, Ribuan Mahasiswa Datangi Polda Babel
Berita Bangka

Selain DPRD, Ribuan Mahasiswa Datangi Polda Babel

Berita Bangka Belitung - Berita Bangka Belitung Terkini -,