Camping Ground Tikus Emas

Twitter Pernah Menjual Akses Data kepada Global Science Research

01, May 2018 - 03:04 PM
Reporter : Viki Saputra
Source Sumber Google Gambar
Source Sumber Google Gambar

Bangkaterkini.id, Twitter mengaku bahwa mereka pernah menjual akses data kepada Global Science Research (GSR), firma milik Aleksandr Kogan, pembuat kuis yang mengumpulkan data pengguna Facebook untuk Cambridge Analytica.

Menurut Twitter, GSR membayar untuk mendapatkan akses terhadap data mereka selama satu hari pada tahun 2015. Data yang diambil adalah beberapa sampel acak dari twit publik yang diunggah dari bulan Desember 2014 hingga April 2015. Menurut penemuan Twitter, GSR tidak mengakses informasi pribadi pengguna.

Saat ini, Twitter belum dapat memastikan bagaimana data tersebut difungsikan oleh GSR. Namun, jangka waktu pendek dan pengambilan sampel acak menunjukkan bahwa data tersebut digunakan untuk meneliti sentimen umum selama kurun waktu tertentu, bukan untuk melakukan targeted campaign.

Data dalam twit dan profil Twitter juga tidak difungsikan untuk memuat banyak informasi pribadi, sehingga penjualan akses data ini tampaknya bukan merupakan ancaman besar terhadap privasi pengguna.

Sumber: Engadget

Berita Terkait