Camping Ground Tikus Emas

Rancangan Sendiri, JPKPemerintah Babel Serahkan Bantuan Mesin Bubut Mini ke IKM Produk Cangkir Riau Silip

24, February 2019 - 12:49 AM
Reporter : adithan
JPKPemerintah Babel, serahkan Mesin Bubut Mini buatan sendiri kepada Direktur BUMDesa Tinji Maras, Sabtu (23/02/2019).
JPKPemerintah Babel, serahkan Mesin Bubut Mini buatan sendiri kepada Direktur BUMDesa Tinji Maras, Sabtu (23/02/2019).

Bangka Terkini, Riau Silip --- Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS) Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKPemerintah) Bangka Belitung (Babel), serahkan Mesin Bubut Mini buatan sendiri kepada Direktur BUMDesa Tinji Maras, Sabtu (23/02/2019).

Diakui Ketua JPKPemerintah Babel, Ferdy bahwa mesin bubut mini ini merupakan modifikasi dari mesin Air, untuk membantu Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Desa. Pasalnya di Desa Berbura yang terletak di Kaki Taman Nasional Gunung Maras, Kec. Riau Silip Kab. Bangka yang didesanya terdapat masih banyak Kayu Puleh atau secara nasional dikenal dgn nama Kayu Pasak Bumi yang sedang diproduksi oleh Unit Pengerajin berupa Cangkir.

" Saya mampir di Desa Berbura dan menyaksikan Unit IKM BUMDesa Tinji Maras membuat cangkir dengan cara yang masih sederhana dan kemudian berfikir bagaimana agar produksi cangkir ini meningkat. Maka, kemudian saya bersama tim JPKPemerintah Babel merancang sebuah Mesin Bubut Mini dengan memodifikasi Mesin Air menjadi Mesin Bubut Mini," ungkapnya.

Dijelaskan nya, dengan didirikan JPKPemerintah ini, untuk turut berperan serta dalam upaya-upaya Pengawasan Kebijakan Pemerintah baik di tingkat daerah, maupun ditingkat Nasional, serta pengawasan pada kinerja pemerintah sebagai pemegang mandat kebijakan dari pusat.

" Menjadi tekad bagi JPKPemerintah untuk berperan serta dalam membantu pengawasan dan pendampingan agar kinerja Pemerintah/Wakil Rakyat/Penegak Hukum dan lainnya, agar dapat berorientasi pada tujuan peningkatan kemajuan dan kesejahteraan rakyat yang adil dan merata sesuai kebijakan pusat yang sesungguhnya, serta menanamkan nilai-nilai luhur kebangsaan yaitu Pancasila dan UUD 1945," terangnya.

" Alhamdulillah, Malam ini Sabtu (23 Feb 2019) Mesin Bubut Mini pun sudah serah terima dan langsung diterima oleh Direktur BUMDesa Tinji Maras Pak Baisudin utk diteruskan ke Pelaku Industri Kecil Menengah. Dengan adanya Mesin Bubut Mini ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Pelaku IKM sbg Unit dari BUMDesa," harapnya.