Camping Ground Tikus Emas

Pemprov Babel Bersama HPI, Panen Perdana Sorgum di Lahan Eks Tambang Parit Enam

30, May 2019 - 12:32 AM
Reporter : adithan
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan panen perdananya bersama Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel dan para penggiat sorghum Babel, Rabu (29/05/2019).
Doc
Doc
Doc
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan panen perdananya bersama Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel dan para penggiat sorghum Babel, Rabu (29/05/2019).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Koordinator Tim Sorgum Bangka Belitung (Babel), Deddy Hartady mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan panen perdananya bersama Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel dan para penggiat sorghum Babel, Rabu (29/05/2019).

Selain itu tampak juga hadir Dewan Kehormatan HPI Babel Zamhari, Sujono, Komandan Subdenpom II/4- Bangka Kapten CPM Supriyono, Kasi Ops Satpol PP Sandy dan Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm) Lingkungan Hidup serta puluhan awak pers baik media cetak dan online.

Diketahui, Tanaman sorgum yanh dipanen hari ini, merupakan hasil yang ditanam oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bersama Forkompinda Babel beberapa bulan yang lalu, dilahan bekas tambang Islamic Center Parit Enam Kota Pangkalpinang atau berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Ketua Tim Sorgum, Deddy mengatakan kegiatan panen perdana sorgum harus segera dilakukan dikarenakan memang sudah saatnya dipanen, dan biar masyarakat tahu bahwa tanaman sorgum sangat cocok ditanam dilahan kritis seperti bekas tambang.

" Sudah saatnya dipanen dan kita ingin  masyarakat tahu  sorghum bisa hidup dilahan bekas tambang, dan tanpa pupuk pun sorghum bisa tumbuh dengan baik baik," ungkapnya.

" Ada yang ingin saya sampaikan kepada masyarakat bahwa tanpa ada bantuan pupuk pun sorgum dapat tumbuh dengan baik dilahan ex tambang seperti ini, apalagi ditambah dengan pemupukan yang baik hasilnya pun lebih dari ini, artinya apa ? Agar masyarakat tidak perlu ragu untuk menanam sorghum dilahannya," jelasnya.

Lanjutnya, hasil panen perdana Sorgum ini yang ditanam dan dikelola HPI Babel, dijadikan untuk bibit, " Kemudian nanti akan dibagikan kepada masyarakat atau penggiat sorgum Babel agar gerakan tanam dan budidaya sorghum di Babel, berjalan sukses," terangnya.

Sambung Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Zamhari menyampaikan dukungan apa yang sudah dilakukan oleh HPI Babel dalam rangka melakukan restorasi dan pemanfaatan lahan bekas tambang dengan menanam sorghum.

" Saya mengapresiasi HPI Babel mau merestorasi  dalam pemanfaatan lahan bekas tambang untuk ditanam sorghum dan kegiatan lainnya, inilah bentuk sinergitas organisasi dengan pemda
dalam rangka mendukung program pemerintah dalam membangun ketahanan pangan nasional dan sama-sama memberi manfaat," ucapnya.

Sementara itu, Rikky Fermana Ketua HPI Babel juga menyampaikan dilahan Islamic Center milik Pemprov Babel seluas 9 hektar yang dikelola dan dimanfaatkan oleh HPI Babel, selain ditanam sorgum, juga ditanam semangka, dan sebagian akan digunakan untuk peternakan sapi potong dan budidaya ikan air tawar.

" HPI Babel menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung khususnya kepada Pak Gubernur Babel yang telah memberi kepercayaan dan kesempatan kepada organisasi HPI Babel untuk dapat bekerjasama dalam mendukung program pemerintah daerah dan semoga apa yang dilakukan oleh kami dapat mencontoh kawan-kawan agar kita sama-sama bisa berkontribusi dan bermanfaat  bagi masyarakat sekitarnya," tutupnya.